27 May 2013

Lapangan Denggung


Sudah lama lapangan ini berbenah, lebih terawat dan bersih. Menurutku, lapangan inilah pusat kota Sleman. Waktu kecil dulu aku sering bermain sepakbola di sini, justru tidak bersama teman-teman se dusun, tapi bersama teman-teman dari desa lain. Pokoknya asal ada yang main bola dan kurang orang, aku bergabung. Btw, gelandangan yang sedang membawa alat mandi itu sudah kukenal sejak aku kecil, hanya saja aku lupa namanya.


Di lapangan ini juga dulu sering diadakan pasar malam dan pertunjukan layar tancap. Kalau istilah kerennya, bisa juga disebut Slemain Fair hehehe. Meskipun isinya begitu-begitu saja, tapi karena lokasinya dekat, aku gak pernah absen nonton pameran pembangunan dan pasar malam di sini. Sekarang sudah ada taman bermain anak-anak.


Wow ... di taman yang terletak di salah satu sudut lapangan ini ternyata ada beberapa alat fitnes juga. Padahal di Jakarta saja aku jarang nemu. Kalau di Singapura memang banyak. Moga saja peralatan itu tetap awet.


Di sebelah selatan lapangan juga ada patung gajah, dengan dua anak gajah. Bagus, apalagi di sekitarnya pohon-pohon cukup rindang. Beda banget dengan suasanya waktu aku masih kecil, gersang karena pepohonan cuma ada di sekeliling lapangan (pinggir jalan). Tapi kenapa patung gajah ya? Apakah ada gajah di Sleman? Mungkin kalau patung salak kurang menarik hehehe. Pas iseng google, nemu artikel ini  : http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/05/23/asal-usul-sleman-dan-ki-ageng-wonolelo-562564.html


Beberapa peralatan bermain anak-anak, yang kalau dilihat catnya sih masih terawat, meskipun lantainya sudah bopeng-bopeng. Tampak sepi, karena aku datang pas hari Senin pagi, bukan di hari libur.


Dua orang petugas kebersihan sedang beristirahat. Pantes saja bersih.


Oh ya, tempat sampahnya pun unik, ada yg berbentuk kangguru, ada juga yg berbentuk kodok. Moga saja dengan keunikan ini bisa mendidik anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Kadang prihatin melihat orang tua justru memberi contoh buruk pada anaknya, dengan membuang sampah sembarangan.


Di sebelahnya, persis dekat lampu merah, ada taman dengan patung adipati Sleman yang pertama, kalau gak salah KRT Pringgodiningrat. Tamannya cukup terawat. Kalau melihat taman dan lapangan Denggung ini, aku gak lagi merasa malu kalau Sleman dapat piala Adipura :)

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...