27 July 2012

Pink Yellow Plumeira


Pohon Kamboja jenis ini banyak ditemui di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan. Waktu kecil aku cuma tahu pohon kamboja dengan warna putih dan kuning. Baru belakangan aku menemukan ada yang merah dan pink seperti ini, katanya sih berasal dari Lampung.

Di Jawa bunga Kamboja identik dengan bunga kuburan, banyak terdapat di kuburan dan dipakai buat ziarah ke makam. Ini membuat citra bunga ini pada masa kecilku adalah bunga yang menyeramkan. Makanya kami dulu tertawa waktu mendengar ada lagu berjudul "Menanti di Bawah Pohon Kamboja", karena sama saja dengan menanti di kuburan hehehe.

Tapi di Bali, bunga ini justru banyak dipakai dalam berbagai upacara ibadah, bahkan menjadi hiasan yang menarik wisatawan. Jauh dari citra menyeramkan, justru memberi kesan keindahan. Makanya tempat-tempat yang bernuansa Bali, biasanya menempatkan bunga Kamboja sebagai salah satu identitas.

Iseng-iseng, nemu renungan menarik terkait bunga Kamboja ini dari Gede Prama : http://gedeprama.blogdetik.com/2011/12/02/bunga-kamboja-2/

No comments:

Senja di Situ Parigi - Pondok Aren

Kembali nongkrong di Situ Parigi, pas menjelang matahari terbenam, siapa tahu dapat golden hour yang menakjubkan. Air danau tampak berkurang...