07 July 2012

Parahyangan Express : Jakarta - Bandung


Karena ada acara pernikahan seorang teman, aku pergi ke Bandung ngajak istri. Berangkat sengaja memilih menggunakan kereta api karena ingin menikmati pemandangan di sepanjang jalur kereta api. Mungkin hampir sepuluh tahun aku tidak lagi menggunakan jasa kereta api saat bepergian ke Bandung. Waktu kuliah sih sering, tapi naik kereta malam sehingga tidak bisa menikmati pemandangannya.


Aku memilih kereta paling pagi yang berangkat dari Gambir jam 6 kurang 15 menit. Matahari pagi tampak menyapa di daerah persawahan Karawang. Pemandangan tidak begitu menarik hingga daerah Karawang, karena masih banyak melalui daerah perumahan.


Anak cewe bule satu ini, bersama adik perempuannya, mondar-mandir melulu sepanjang perjalanan. Keluarga mereka mendapat tempat duduk yang terpisah, bahkan cukup jauh meskipun masih dalam gerbong yang sama. Aku sendiri duduk terpisah gang dengan istriku, meskipun masih bisa dibilang sebelahan.


Nah, setelah lewat Purwakarta, mulailah perjalanan mendaki melewati lereng-lereng gunung dan hamparan persawahan yang indah. Sayang sekali aku gak kebagian tempat duduk samping jendela, jadi kurang leluasa memotret pemandangan sepanjang perjalanan.


Sebuah masjid tampak di seberang sawah, bangunan yang akan banyak terlihat sepanjang perjalanan. Maklum, masyarakat Jawa Barat mayoritas adalah muslim.


Tampak jembatan melintasi areal persawahan dan sungai, yang merupakan jalan tol Cipularang. Kalau kita bisa menyaksikan jalur rel kereta dari jalan tol Cipularang, demikian juga sebaliknya.


... memasuki stasion Cimahi ....


Akhirnya sampai juga, cukup tepat waktu. Total perjalanan 3 jam lebih. Memang lebih lama dibanding naik mobil melewati Cipularang, tapi pemandangan di sepanjang jalan lebih menarik.

Rupanya di dalam kereta yang kunaiki tadi ada Michael Kambu, yang selain sedang liburan katanya juga ada acara alumni. Kami gak sempat ngobrol panjang lebar, aku hanya menyapanya sebentar sebelum keluar dari stasion.

No comments:

Senja di Situ Parigi - Pondok Aren

Kembali nongkrong di Situ Parigi, pas menjelang matahari terbenam, siapa tahu dapat golden hour yang menakjubkan. Air danau tampak berkurang...