09 July 2022

Menjelajahi Jalur KRL Bagian Jakarta Utara

Beberapa penumpang terlihat berjalan kaki di antara rel kereta di stasiun Angke. Agak heran juga, sementara banyak stasiun yang sudah direnovasi dengan bagus (Palmerah, Kebayoran Lama, Pondok Ranji, bahkan Cisauk, misalnya), tapi stasiun ini tampak masih jelek, seperti tidak diperbaiki. Padahal menurutku, Angke adalah tempat yang menarik sebagai pusat pasar ikan. Tapi entahlah.

Sejak punya anak, aku sudah sangat jarang pergi ke Jakarta, ditambah lagi dengan masa pandemi,  praktis hampir tidak pernah bepergian. Nah mumpung saat ini pandemi sudah melandai dan ada kesempatan, aku ingin memanfaatkan waktu untuk menjelajahi transportasi umum di Jakarta, mulai dari Commuter Line. Selain murah, aku lihat perkembangan dan kenyamanannya tampak sudah berkembang.

Sejak dulu, jalur kereta yang belum pernah aku coba adalah jalur yang lewat bagian utara. Makanya hari ini aku mencoba naik kereta dari Tanah Abang menuju Duri - Angke - Kampung Bandan. Akhirnya sampai juga di stasiun yang kanan-kirinya seperti dikelilingi rawa.

Kereta dari stasiun ini mengarah ke Bekasi hingga Cikarang. Tapi hari ini aku gak sampai ke sana. Kebetulan di tengah jalan aku coba kontak Dessy, sudah lama gak ketemu, jadi siapa tahu bisa ketemuan sekedar nongkrong santai. Karena dia tinggal di Kemayoran, dia usul tempat di dekatnya. Jadi aku ke arah sana, meski belum tahu tempatnya. Bisa saja pakai taksi, tapi aku pengen nyoba pakai angkutan umum.

Berdasar info dari Maps, aku coba turun di Stasiun Rajawali. Dari sini jalan sebentar menuju jalan raya, kalau gak salah jalan industri. Sayangnya, dari situ aku bingung jalan menuju Kemayoran. Mau jalan kaki ternyata jauh juga. Akhirnya Dessy mengganti tempat ketemu, di Bakmi Aceng gak terlalu jauh dari tempat aku turun, jadi bisa jalan kaki.

Makan bakmi khas pontianak sambil ngobrol panjang lebar. Termasuk soal adiknya yang sakit dan harus dirawat di Surabaya, terus sekarang balik lagi dirawat di Jakarta, tinggal di Kalideres. Makanya setelah kami makan siang, dia mau ke Kalideres untuk mengantar beberapa barang.

Karena aku gak ada agenda lain, aku ikut saja ke arah Kalideres naik Grab, tapi turun di St. Taman Kota.

Agak lama nunggu kereta di stasiun Taman Kota, jadi aku menjelajah sekitar stasiun dulu. Ada yang pelihara burung dara di samping stasiun, dan dibiarkan berkeliaran sehingga beberapa tampak bermain di sekitar stasiun.


Dari Taman Kota aku naik kereta ke arah Duri, pindah ke Tanah Abang, terus lanjut ke St. Jurangmangu dan pulang. Sampai rumah sudah sore, perjalanan yang melelahkan tapi lumayan menyenangkan.

Bakal ada penjelajahan lebih lanjut selagi ada waktu.
 

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...