31 July 2022

Menjelajah MRT : Lebak Bulus - ASEAN

Kali kedua naik MRT, aku ingin menjelajahi setiap stasiun yang ada di atas jalan (bukan di bawah tanah), mulai dari St. Lebak Bulus. Hari minggu penumpang MRT tergolong sepi, dan jarak kedatangan antar kereta juga cukup rapat, jadi aku tidak perlu menunggu terlalu lama.

Di setiap stasiun, aku mencoba mengambil foto pemandangan yang bisa dilihat dari stasiun (yang posisinya di atas, jadi dapat semacam "bird view"), juga pemandangan di sekitar stasiun yang aku anggap menarik. Sayang sekali, cuaca siang ini mendung kelabu, jadi pemandangan yang ada kurang begitu dramatis, ditambah lagi kameraku sudah tidak begitu bagus auto-focusnya meskipun punya optical zoom yang besar.


Dari setiap stasiun yang aku kunjungi, ada tempat-tempat yang baru aku lihat, apalagi memang aku sangat jarang menjelajah Jakarta. Setidaknya dengan adanya MRT ini, sedikit mempermudah untuk menjelajah kota, meski masih terbatas arealnya.





Stasiun Blok M agak unik dibanding stasiun lainnya, karena jalur keretanya terpisah begini. Ini membuat pintu kereta yang terbuka adalah sisi sebelah kiri, sementara untuk stasiun lain (yang bukan di bawah tanah), pintu terbuka adalah sebelah kanan.

Waktu memandang sekilas kawasan Terminal Blok-M ini ada rasa seperti tempat ini sudah berubah jauh dan terkesan asing buatku. Padahal dulu tempat ini sangat familiar, sangat sering aku kunjungi dan menjadi bagian dalam petualanganku selama tinggal di Jakarta. 


Dari stasiun terakhir, Stasiun ASEAN, bisa kelihatan persimpangan transportasi (transportation hub) yang menghubungkan beberapa jalur, cukup keren. Berada di atas sebuah perempatan, tempat ini jadi persimpangan antara jalur MRT, jalur busway koridor pertama, dan jalur BRT koridor 13, yang "melayang". Jadi ada semacam 3 tingkat jalur transportasi massa di sini, dan untuk memudahkan penumpang, ada fasilitas eskalator. Saat itu aku belum sempat menjelajah tempat ini, sudah capek, tapi pasti suatu saat aku akan ke sini. Terutama penasaran untuk naik bis di jalur koridor 13, yang melayang tinggi di atas jalan raya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...