27 July 2022

Jakarta Di Waktu Malam : Palmerah - Senayan

Halte busway di St. Palmerah sudah lebih baik, seingatku dulu tidak ada. Sekarang ada jalur khusus sehingga integrasi antar moda transportasi bisa lebih mudah, setidaknya di jam kerja. Hari ini ada janji ketemuan dengan Anggit dan Pak Andri di Senayan, dan aku lihat ada jalur bis TJ dari Palmerah ke Senayan, makanya aku mau nyoba. Sayangnya harus nunggu lumayan lama, hampir setengah jam.

Sudah lama tidak menjelajah jalanan Jakarta di waktu malam, terutama saat jam kerja. Saat orang lain baru merasakan kerja di rumah selama pandemi, aku sudah lama melakukannya, jadi jarang bepergian jauh dari rumah.

Bis melewati samping TVRI, terus ke jalan Gatot Subroto, berputar di jembatan Semanggi menuju arah Bundaran Senayan (Ratu Plaza, kalau yang dulu aku ingat). Dari atas jembatan semanggi tampak kemacetan sudah mulai terjadi, menandakan aktivitas mulai mendekati normal meskipun pandemi belum berakhir. Pemandangan seperti ini dulu menjadi pemandangan sehari-hari saat masih kerja di Cikarang.

Jembatan penyeberangan di dekat halte Bundaran Senayan, dengan desain yang instagrammable,  ciri khas dari karya gubernur saat ini. Pokoknya cakep, bisa buat foto-foto keren.

Jalanan di sepanjang Jl. Sudirman juga terlihat rapi, trotoar lebih luas dan rapi karena tidak banyak pedagang kaki lima di sini. Apakah ini bermanfaat bagi ekonomi masyarakat Jakarta? Entahlah, bisa diperdebatkan, tapi setidaknya ini membuat (sebagian) Jakarta jadi terlihat lebih cantik dan nyaman.

Atas usulku, kami bertemu di Senayan City, biar gampang aku jangkau lewat angkutan umum. Sayangnya sempat macet dan kelamaan nunggu bis jadi aku telat. Sudah gitu Anggit juga tidak memberi informasi detil di mana mereka menunggu, jadi aku sempat bengong sebentar di sini.


Akhirnya ketemu juga, ngobrol sambil makan, diskusi tentang banyak hal - sampai diusir oleh pelayan karena sudah waktunya tutup hehehe.

Semoga saja hasil pertemuan hari ini akan membawa manfaat yang besar di kemudian hari.
 

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...