22 January 2020

Menikmati Sore di Pinggir Situ Bungur


Foto panorama Situ Bungur, yang makin lama makin berhias meski masih belum maksimal.


Beberapa tempat masih terawat dengan baik, tapi sebagian masih tampak kumuh juga. Meski demikian, kalau musim hujan gini, biasanya senja di tempat ini tampak indah dengan warna langit yang semburat jingga atau lembayung, asalkan tidak pas mendung.


Adanya jogging track mengelilingi danau ini sudah bagus, bisa jadi fasilitas bagi warga untuk berolahraga atau sekedar bersantai ria. Sayangnya ini tidak didukung maksimal oleh warga yang tinggal di pinggir danau, yang sebagian malah membuat jalan setapak yang sudah di-paving itu jadi kumuh. Juga kesadaran pengunjung untuk membuang sampah dengan tertib masih cukup rendah, banyak sampah berserakan meski sudah disediakan tempat sampah di beberapa tempat.


Saat cuaca cerah, biasanya aku mengajak El dan Fe jalan-jalan naik motor berkeliling, sembari membeli camilan - pisang, cakwe, roti coklat, dsb, dan kadang kami nikmati sambil nongkrong sebentar di danau. Mereka sih betah saja,tapi ya gak bisa lama-lama karena sudah hampir gelap.


Nah seringkali ada tukang odong-odong yang nongkrong di pinggir danau dan jadi favorit anak-anak. Pertama mencoba El dan Fe langsung suka, dan tiap ke sini pasti minat naik. Mereka menikmati kendaraan yang bergerak naik turun, digerakkan secara manual dengan dikayuh, sembari mendengarkan lagu anak-anak yang sudah jarang ditemui di televisi. Bermain selama 5 menit, berdua cuma bayar 5000 perak. Hiburan yang murah-meriah dan bikin anak senang sampai enggan diajak pulang.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...