03 January 2020

Mengungsi Semalam di Hotel


Hari ke-2 tahun ini, masih banjir tapi genangan sudah berkurang, dan jalanan bisa dilewati motor. Tapi listrik masih dipadamkan karena daerah Ciputat Baru masih tergenang. Bahkan kabarnya kemarin sempat ada korban tersengat listrik.


Karena persediaan air makin menipis, kami putuskan untuk mengungsi sementara ke Hotel. Pilihan sementara di Hotel Citradream sebelahnya Bintaro Plaza, jadi dekat rumah dan masih gampang untuk mondar-mandir ke rumah kalau perlu.

Sore hari listrik di rumah kami masih padam, tapi ada beberapa rumah tetangga yang sudah menyala. Memang di kompleks ada 3 jalur yang berbeda, jadi kadang bisa jadi rumah kena pemadaman, tapi rumah tetangga tetap nyala. Baru sekitar jam 8 malam listrik benar-benar sudah menyala, jadi bisa beraktivitas normal. Tapi aku dan anak-anak tetap menginap di hotel, tanggung sudah bayar, lagipula belum yakin apakah bakal ada pemadaman lagi atau tidak.


Esok paginya cuaca masih mendung, serta sesekali gerimis. Linimasa di sosial media masih penuh soal banjir, khususnya di Jakarta, dan termasuk beragam kekonyolan yang ada - baik yang mencela pemerintah maupun yang membela. Kekonyolan sering muncul karena tidak konsisten, misal dulu santai saat banjir, sekarang mencak-mencak (meski ada alasan logis). Ada juga yang menganggap komentar si Aa gak relevan (dulu atau sekarang), tapi gak berani menganggapnya ngawur karena yang ngomong idolanya hahaha. Lucunya, membela kesalahan orang lain dengan cara menunjukkan kesalahan di kubu seberang - konyol sih. Two wrongs don't make a right.


Pagi hari aku dan El menikmati sarapan di hotel, sementara Fe masih tidur. Di sini kami bertemu beberapa keluarga yang juga mengungsi karena banjir. Keluarga ini dari daerah Sudimara, kebetulan ada anak sebaya El dan mereka asyik bermain. El sempat ceroboh mendorong temannya itu sampai hampir jatuh dari sofa, untung pihak keluarga bisa maklum. Ada juga keluarga pak Bernard, tapi waktu itu hanya istri dan mertuanya yang aku temui sedang sarapan.

Siangnya kami pulang karena sepertinya listrik sudah menyala stabil, dan banjir di pinggir kali juga sudah surut.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...