15 February 2018

Lantai Keramik Terangkat


Siang ini aku terkejut mendapati lantai keramik di kamar lantai atas sudah lagi tidak beraturan bentuknya. Sebagian besar sudah terangkat, terlepas dari lantai, beberapa tampak pecah. Dugaanku mereka memuai, tapi agak aneh juga karena beberapa hari terakhir ini cuaca cenderung mendung dan dingin. Apakah ada hubungannya dengan gempa  yang terjadi bulan lalu? Aku rasa sih tidak. Soalnya aku ingat Pak Iwan pernah bercerita soal kejadian yang sama di kantornya.


Setelah aku posting foto ini ke FB, mulailah ada komentar dari teman-teman. Penyebabnya bukan karena ubin yang memuai, tapi karena ada udara di bawah ubin itu yang memanas/memuai dan mendorong ubin-ubin itu ke atas. Masuk akal, soalnya setelah aku bongkar, terlihat ada banyak celah/rongga udara di lantai. Jadi pemasangan ubinnya memang tidak bagus. Ada yang bilang kalau saat pemasangan kurang air, ada juga yang bilang kalau sebaiknya ubin direndam air dulu.

Ada juga yang secara bercanda bilang mungkin itu kejadian supranatural. Setelah aku pikir-pikir, memang baru beberapa hari terakhir ini aku rutin menggunakan kamar ini - untuk bermain, bekerja, nonton dan bahkan sempat beberapa kali tidur di sini. Nah, mungkin "penunggu"nya merasa terganggu dan merusak ubin hehehehe ... iseng aja.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...