08 August 2015

Pasang Bendera Merah Putih


Sabtu malam ada undangan dari pak RT untuk ngumpul di pos ronda, agendanya adalah memasang bendera di lingkungan kompleks untuk menyambut HUT RI ke-70. Tidak banyak bendera yang dipasang, hanya sekitar belasan umbul-umbul dan bendera kecil-kecil, entah berapa banyak. Katanya sih bendera itu sisa perayaan tahun lalu, jadi gak begitu banyak. Meskipun tidak banyak warga yang ikut bergabung, tapi kegiatan malam ini lumayan meriah.

Memasang umbul-umbul adalah pekerjaan ringan, apalagi sudah ada warga yang menyumbang bambu. Yang sulit adalah memasang bendera kecil-kecil ini. Beberapa orang merasa kesulitan memasukkan benang ke dalam tali ini, karena lubang bendera terlalu rapat, juga karena malam hari sehingga pandangan kurang tajam. Beberapa orang mengeluh karena sudah bermenit-menit tanpa berhasil memasukkan satupun bendera :) Setidaknya ada kemeriahan dalam hal sepele. Inilah yang kadang aku sukai dalam kegiatan bersama semacam kerja bakti.


Waktu di kampung dulu, aku selalu menantikan perayaan 17an. Meriah dan merupakan ajang bersatunya warga untuk kegembiraan bersama. Salah satu kegiatan rutin adalah kerja bakti, membersihkan kampung, memasang atribut 17an, mengecat serta menghias gapura, pagar dan sebagainya. Tentu saja lebih meriah lagi kalau ada perlombaan dan pentas seni, tapi ini tidak selalu terjadi.

Sejak aku kuliah, bekerja dan menikah, aku tidak lagi merasakan kemeriahan perayaan HUT Kemerdekaan. Baru dua tahun terakhir aku sedikit merasakan kemeriahan perayaan itu, meskipun hanya jadi penonton perlombaan, tapi sudah cukup seru. Tahun ini, di tempat yang baru, setidaknya aku bisa ikut berperan lebih banyak dalam kegiatan ini di lingkungan.


Karena dilakukan malam Minggu, anak-anak kecil banyak yang ikut bergabung, apalagi ada orangtua mereka. Tapi yang namanya bocah, lebih banyak bermain ketimbang bekerja. Sedikit banyak mereka juga cukup membantu. Di sini ada satu bocah cukup nakal datang membawa petasan dan menyalakannya di lapangan. Karena terlalu berisik, salah satu warga protes dan orang tuanya harus campur tangan menghentikan ulan bocah-bocah itu.

Mungkin sudah banyak tempat, terutama di kota-kota besar, yang kehilangan momen kebersamaan warga seperti ini. Agak disayangkan, karena kebersamaan ini adalah salah satu budaya bangsa yang pantas dipertahankan dan dikembangkan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...