30 October 2011

Refreshing at Universitas Indonesia : New Library Building


Waktu jalan-jalan di kampus UI, aku nyasar di sebuah gedung megah yang sudah jadi meskipun sedang ada aktivitas pembangunan. Sepintas lebih mirip kantor bisnis atau mal, apalagi dari sebelah barat terlihat ada nama sebuah bank. Arsitekturnya modern, namun sepertinya dirancang dengan konsep yang ramah lingkungan (semoga saja benar).


Ini bukan lapangan rumput, tapi (sebagian) atap dari gedung yang ternyata merupakan gedung perpustakaan yang baru. Katanya, gedung ini dibangun berdasarkan semangat Crystal of Knowledge (baca di sini).


Hampir seluruh atap bangunan ini diselimuti dengan hamparan rumput hijau. Sebagai orang yang awam masalah sipil dan arsitek, aku menduga seharusnya bagian dalam gedung ini akan lebih sejuk. Rumput dan tanah yang diatasnya mungkin dapat menyerap panas matahari, termasuk menyimpan air yang akan menambah sejuk bagian dalam. Waktu aku masuk gedung ini sih memang sejuk banget, karena pakai AC di dalamnya hehehe ...


Tampak masih ada beberapa tukang yang bekerja melakukan perbaikan atau penyempurnaan gedung. Aku sendiri tidak tahu pasti, apakah gedung ini sudah diresmikan atau belum. Tapi di dalamnya sudah ada berbagai aktivitas, umumnya aktivitas sosial para mahasiswa. Ada semacam lounge khusus, restoran dan lain-lain. Gak terlalu jauh dengan mal.

Yang membuatku iri waktu aku melongok ke salah satu ruangan, di dalamnya berisi deretan meja dengan komputer iMac berjejer di atasnya, dengan ukuran layar yang cukup besar. Hiks.. hiks .... kalau kuliah di sini, bisa-bisa seharian di perpus aja nih. Teringat jaman aku kuliah, masuk lab berjejer komputer dengan layar hitam putih (bisa saja sih kalau dikasih warna, tapi gak gitu ngaruh).


Di bagian selatan gedung ini, persis di samping danau UI (Situ Kenanga kalau gak salah) ada Starbucks Coffee ... tempat yang tidak mungkin aku masuki saat kuliah. Nah, di bagian dalam dekat warung itu (busyet, dibilang warung kopi) ada tempat duduk panjang dan empuk. Waktu siang, mumpung sepi, sempat aku manfaatkan buat tidur siang, lumayan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu istriku selesai seminar :)

Aku gak sempat mengekplorasi bagian interior gedung ini, yang katanya sampai 7 lantai. Tapi kalau penasaran, bisa cek di link berikut : http://www.anakui.com/2011/05/03/foto-foto-perpustakaan-baru-universitas-indonesia/

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...