07 December 2008

Verdian Wedding : Blessing



Tetap tersenyum, meskipun sedang dijemur di bawah teriknya matahari siang itu. Kedua mempelai bersiap-siap memasuki ruang pemberkatan, di gereja baptis, namun harus menunggu terlebih dahulu selagi ruangan dipersiapkan.



Domas, manggala dan kedua pasang orangtua berjalan beriringan di belakang pengantin.



Seperti biasa, sebelum diberkati di gereja, terlebih dahulu urusan dengan negara (melalui catatan sipil) dibereskan dulu. Selain mempelai dan orang tua, hadir pula para saksi untuk mendukung legalisasi pernikahan sesuai hukum negara. Proses inilah yang seringkali makan biaya tak sedikit, sehingga banyak pasangan yang memilih menikah "tidak resmi", maksudnya tidak sah secara hukum negara karena belum tercatat dan tidak memiliki akta pernikahan, meskipun secara hukum agama sudah dinyatakan sah.



Inilah para manggala, yang kebetulan keduanya merupakan adik dari masing-masing pengantin.



Anggota keluarga yang turut menyaksikan upacara pemberkatan, dengan seragam warna-warni : merah, hijau, kuning. Lha kok kompak kayak bangjo, lampu lalu lintas di persimpangan jalan.



Kedua mempelai secara bergantian menyematkan cincin pernikahan di jari manis pasangannya.



Tindakan simbolik yang baru kutemui adalah penyalaan lilin setelah pengantin resmi diberkati sebagai pasangan suami-istri. Ada 3 buah lilin, awalnya 2 lilin paling pinggir dinyalakan, sementara lilin yang ditengah padam. Kemudian kedua mempelai mengambil kedua lilin yang menyala, dan bersama-sama menyalakan lilin yang ditengah. Setelah lilin di tengah menyala, kedua lilin yang dipegang masing-masing mempelai dimatikan.

MC, kurang lebihnya, menyampaikan makna tindakan simbolik ini, sebagai keputusan untuk menyalakan api/terang kehidupan bersama, sebagai satu kesatuan suami-istri, dan memadamkan ego masing-masing agar kebersamaan terpancar secara sempurna.



Acara pemberkatan nikah ini diringi dengan gamelan jawa, alunan gending-gending tradisional yang merdu dan hikmat. Kalau tidak salah, semua pemain adalah sesama warga jemaat gereja baptis tempat kedua mempelai tersebut beribadah.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...