07 December 2021

Kucing Menangkap Tikus

Malam ini di dapur sempat terjadi kehebohan, rupanya si kucing Roro sedang mengejar tikus dan berhasil menangkapnya. Tujuannya bukan untuk dimangsa, tapi sebagai kegiatan bermain atau mungkin olahraga. Setelah digigit, tikus akan dilepas, terus dikejar lagi, begitu terus. 


 Agar tidak berlarut-larut "menyiksa" tikus itu, aku berniat menangkap si tikus dan membuangnya. Tapi Roro gak mau melepas begitu saja. Saat aku coba melepaskannya dan menangkap, rupanya tikus itu masih cukup gesit dan bisa lari dan sembunyi.

Bertahun-tahun merawat kucing, aku sampai pada kesimpulan bahwa tidak semua kucing mau mengejar tikus. Hanya kucing-kucing yang masih energik bermain dan sangat aktif bergerak yang senang mengejar tikus (juga kecoa). Untuk kasus kucing di rumah, sudah pasti mereka mengejar tikus bukan untuk dimangsa, tapi sekedar buat mainan. Yang aku ingat, dulu Kleo dan Ujo pernah juga menangkap tikus. Tapi saat mereka semakin tua, mereka gak mau lagi. Biasanya kucing-kucing kecil dan remaja yang masih sangat aktif mengejar binatang lain, yang lebih kecil tentunya.

Makanya aku tidak terlalu heran kalau ada tikus dengan santai keliaran di selokan atau got dan kucing-kucing cuek saja, soalnya malas ;-). Sempat sih beberapa kali nemu tikus kecil mati di teras, ketika di teras ada kucing yang masih usia remaja.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...