23 December 2021

Kucing Kleo - Pipi Bengkak

Tak lama setelah Kleo aku kurung di kandang karena insiden tivi jatuh, aku lihat wajah sebelah kanan jadi bengkak. Jadinya aku keluarkan dia dari kandang, tapi sebisa mungkin aku suruh dia tetap berada di lantai atas.

Awalnya aku menduga matanya yang bermasalah dan menjadi bengkak, bisa karena virus atau bakteri, seperti yang sering kami temui pada kucing-kucing liar di jalanan. Dulu ada kucing tetangga yang bengkak matanya seperti ini dan kami bawa ke dokter, kata dokter harus dioperasi biar tidak menjalar ke yang lain. Alhasil satu bola matanya diambil. Tapi kata seorang aktivis Steril Yuk, meski matanya tidak bisa disembuhkan, tidak harus lewat operasi, karena lama-lama akan lepas sendiri. Cuma gak tega juga. 

Mirip dengan Roro, yang kemudian dirawat oleh Andre dan dibawa ke dokter untuk dioperasi. Kami duga Kleo mengalami sakit yang sama, tapi saat itu kami tidak berencana membawanya ke dokter. Ya sudah tua ini, pikirku. Apalagi Kleo masih doyan makan.


 Setelah 3 hari, ternyata bengkak di wajah Kleo sudah mulai kempes, meski ada luka menganga di pipinya. Dugaanku luka itu akibat dia sering menggaruk dengan kukunya. Tapi justru luka itu membuat nanah (juga darah) bisa keluar, jadi ini bengkak bukan karena infeksi di mata, tapi di pipi, karena besar jadi hampir membuat mata tertutup. Matanya sendiri aman. Setelah luka terbuka, aku beri obat luka ala kadarnya, juga alkohol agar steril. 

Makin lama bengkaknya kempes, lukanya juga mulai kering dan menutup. 

Update:
Hampir berbarengan dengan pengobatan kutu dan jamur, makin lama bulu di bagian pipi Kleo juga tumbuh dan menutup sempurna seperti awalnya. Sekarang Kleo sudah sehat lagi, meski tidak aktif karena memang sudah tua, lebih dari 10 tahun.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...