14 December 2013

Monas ...


Monas, monumen nasional, merupakan simbol kota Jakarta, dan bagiku ini salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang murah-meriah dan sejuk karena banyak pohon  di sekitarnya. Jaman pacaran dulu sering menghabiskan waktu di sini, karena bingung mau nongkrong di mana lagi, dengan modal yang pas-pasan.


Seingatku setelah menikah baru kali ini aku dan istriku berkunjung lagi ke lapangan Monas. Inipun karena katanya ada pameran dan sekalian menukar tiket kereta di Gambir. Ada beberapa hal yang berubah dari kunjunganku terakhir. Salah satunya adala mulai banyak persewaan sepeda, baik sepeda biasa maupun sepeda listrik mini.


Meskipun ukurannya mini, tapi bukan berarti sepeda ini hanya bisa dinaiki anak-anak. Kadang orang dewasapun menungganginya berkeliling Monas, dan kadang malah dinaiki berdua bapak+anak. Karena menggunakan listrik, jelas ini relatif lebih ramah lingkungan dibanding motor, mobil atau delman.


Angin yang berhembus kencang di sini, salah satu hal yang kusukai, membuat porak-poranda tenda-tenda warung yang dibangun di lapangan sebelah selatan. Entah karena ada acara khusus atau setiap hari ada bazaar, tapi kulihat sudah banyak lapak-lapak penjual makanan di tempat ini, meskipun tampaknya belum semuanya beroperasi. Ini adalah hal yang baru juga, karena selama ini hanya di dekat parkiran mobil saja ada lapak penjual makanan, kecuali pedagang asongan yang berkeliling.


Pas juga banyak anak-anak sekolah yang berwisata di sini secara rombongan. Ada yang berseragam merah putih, ada yang berseragam pramuka, ada pula yang berseragam khas sekolah mereka. Pokoknya siang ini cukup ramai dengan anak-anak sekolah yang mungkin sudah mendekati waktu libur.


Taman di sekitar monumen juga sedang direnovasi, jadi tampak gersang dan tidak menarik. Penasaran juga seperti apa hasil renovasinya, karena terakhir kali aku kesini bareng Arik, tamannya sudah cukup bagus.


Ondel-ondel juga ikut menyemarakkan suasana di Monas, dan ini dulu tidak aku jumpai. Entah ini dari pengelola atau dari warga yang "mengamen", tapi sepasang ondel-ondel ini bisa dijumpai di sebelah utara, dekat pintu masuk. Pengunjung memanfaatkan maskot kota Jakarta ini untuk berfoto dengan latar belakang tugu Monas. Selain ini, ada juga anak-anak yang mengenakan ondel-ondel sambil mengamen berkeliling. Yah, lumayan daripada mengemis, sejauh tidak mengganggu ataupun memaksa pengunjung.


Catatan :
Foto-foto dalam postingan ini aku filter menggunakan filter Hefe di Instagram, tanpa harus diupload ke Instagram :)

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...