17 August 2013

Celebration of Independence Day of Indonesia


Bendera merah putih berkibar di salah satu halaman rumah warga. Dua tahun belakangan jarang ada perlombaan yang memeriahkan HUT Kemerdekaan RI karena bertepatan dengan bulan puasa. Tahun ini 17an pas setelah hari raya berlalu, dan kebetulan di RT 11 RW 01 Tanjung Duren Selatan diadakan perlombaan sederhana sepanjang hari.


Acara sendiri diadakan sejak pagi sekitar jam 10, dan berakhir jam 4 sore dengan istirahat siang sekitar 2 jam. Berbagai lomba khas 17an diselenggarakan seperti makan kerupuk, balap karung dan joget balon. Hadiah juga langsung dibagikan di akhir acara, tanpa ada pentas seni khusus yang dulu sering dilakukan di kampung.

Oh ya, saking sederhananya, di sini tidak ada petugas dokumentasi alias tukang potret. Makanya pas lihat aku nenteng kamera, Pak Ketua RT langsung mendatangiku dan memintaku mencetak foto-foto yang ada dan nanti biayanya diganti dari kas RT hehehe.


Si mas ini berlagak jadi tukang kuwe pancong. Dimana ada keramaian, biasanya bermunculan juga pedagang keliling, seperti dalam acara kali ini. Selain pedagang kue, ada juga tukang bakso dan penjual rujak.


Ah dasar bocah laki, kebiasaan kencing sembarangan. Memang panitia tidak menyediakan toilet khusus di dekat lokasi lomba (di jalanan depan kantor kelurahan Tanjung Duren Selatan). Masih untung mereka kencing di selokan, daripada di tembok rumah warga.



Seekor kucing tampak ikut menyaksikan keramaian yang ada :)



Anak-anak ini tidak ikut lomba, atau ikutan lomba tapi gagal memenangkan satu pertandingan. Tapi mereka tetap mendapat hadiah juga, biar turut merasakan kegembiraan di hari kemerdekaan ini. Si bocah baju coklat itu kayaknya bakat jadi tentara, dari awal sikapnya sempurna, gak meleng kanan-kiri, tegak!

Kalau dipikir-pikir, ini adalah pertama kali aku ikut merasakan acara 17an lagi setelah aku merantau. Sejak aku kuliah di Bandung dan bekerja di Karawang, Cikarang dan Jakarta, aku tidak pernah sempat mengikuti atau sekedar melihat acara 17an yang diadakan warga.


No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...