26 November 2008

Sightseeing at Masjid Agung Banten



Menara di Masjid Agung Banten (Lama) ini cukup kokoh berdiri, dengan tinggi lebih dari 30 meteran. Meskipun bukan hari raya dan bukan hari libur, namun saat aku ke sana bersama beberapa teman kantor, cukup banyak peziarah yang datang, meskipun tidak sampai berjubel. Jadi kami bisa cukup leluasa menikmati peninggalan sejarah ini.



Sekelompok anak-anak di sekitar lokasi sedang berkumpul, beberap diantaranya baru saja mandi di kolam yang ada di depan masjid. Dasar anak-anak, yang penting bermain-main, gak peduli kalau air kolam kotor dan bau (baunya menyengat sampai ke atas menara).

Yang cukup disayangkan adalah, anak-anak ini meminta-minta kepada setiap pengunjung, dan seringkali tindakannya cukup merepotkan karena mereka seringkali ngotot, mengikuti terus sampai diberi uang. Meskipun di areal masjid itu terpampang spanduk yang melarang memberikan sedekah, tetap saja mereka tidak peduli.




Oleh juru kunci masjid, kami dipersilahkan untuk naik ke menara, dengan biaya seiklasnya. Tangga untuk mendaki ke atas menara berputar dan cukup sempit, hanya cukup untuk satu orang.



Di sepanjang menara terdapat lubang ventilasi seperti ini, sehingga meskipun lorongnya sempit tapi tidak terasa sesak karena pasokan udara cukup lancar.



Dari atas menara, pemandangan kawasan Banten lama terlihat cukup asri, termasuk pantai Serang. Udara pantai berhembus cukup segar di tengah hujan rintik-rintik.





.. gak mau ketinggalan ah ...



Ruangan di dalam menara,yang mungkin dahulu (direncanakan) menjadi tempat mengumandangkan adzan. Deni kusuruh untuk pura-pura bertobat dan berzikir di tempat ini :)



Sebelum pulang, tak lupa berfoto ria di bawah menara. Wah, ternyata kelihatan kecil saja.



Tampak dua orang pengunjung masih asyik menikmati pemandangan dari puncak menara, meskipun hujan rintik-rintik.



Nah, kalau ini sepertinya sisa-sisa peninggalan Kerajaan Banten dulu (bukan orannya, tapi bangunannya). Sayang tidak banyak bangunan yang tersisa, hanya tembok sekelilingnya saja yang masih berdiri, sementara di dalamnya penuh dengan kambing yang berkeliaran mencari makan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...