06 April 2022

Renovasi Tempat Jemuran

Mumpung ada sedikit rejeki dan para tukang lagi lowong, aku minta bagian atap jemuran diperbaiki. Sebelumnya ditutup pakai atap plastik yang sudah bolong-bolong, kebanyakan karena diinjak-injak kucing, dan juga palang kayunya juga mulai keropos. Akibatnya sering bocor kalau hujan deras, meski hanya tempat jemuran, tapi cukup merepotkan kalau air merembes sampai bawah. Jadi aku minta atap diganti, pakai baja  ringan sebagai rangka dan atap yang lebih kuat. Namun biar tetap ada pencahayaan yang banyak, aku minta sebagian atap tetap pakai fiber bening.

Selain itu, aku minta bagian barat dibuat agak terbuka, dengan tambahan jendela agar aku bisa menikmati sunset, mumpung atap tetangga yang di sebelah juga sudah ditutup rapat. Dengan adanya jendela ini, aku berharap bisa menikmati matahari terbenam di sini, sambil menunggu jemuran kering ..hehehe.

Di samping jendela aku biarkan terbuka agar ada ventilasi udara yang lebih banyak. Soalnya tempat ini sangat panas kalau siang, apalagi kalau tidak ada udara yang masuk. Dengan adanya ventilasi ini, sementara di sisi timur sudah ada ventilasi yang cukup, aku harap udara bisa lebih sering mengalir dan segar.


 Sekarang aku bisa ngopi dan ngeteh di sini sambil menikmati senja, meski masih sedikit terhalang atap rumah tetangga.

Update: ternyata jendela dan ventilasi ini bermasalah ketika hujan deras turun, apalagi hujan yang pakai angin kencang, karena air hujan akan masuk ke dalam dan jumlahnya banyak. Jadi akhirnya aku coba tutup celah-celah di jendela dengan plastik seadanya, sementara untuk ventilasi di sebelahnya, bagian atas aku tutup dan menyisakan sedikit di bagian bawah. Lumayan bisa mengurangi jumlah air hujan yang merembes di tembok dan masuk ke dalam rumah. 

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...