24 December 2020

Malam Natal 2020

Di malam natal ini, di rumah saja, aku membuat pohon natal sederhana dari lego. El dan Fe gak mau ketinggalan. Fe membuat bentuk yang kecil di tengah, sementara El membuat bentuk yang menjulang paling tinggi.

Liburan natal tahun ini kami tidak pergi kemana-mana, biasanya kami pulang kampung ke Kediri dan merayakan Natal di sana. Karena pandemi Covid-19, kami tidak bepergian. Di sisi lain, lumayan juga bisa berhemat, mengingat kondisi perekonomian juga terkena dampak pandemi ini.

Keluargaku sendiri tidak punya tradisi atau kebiasaan khusus berkenaan dengan hari Natal, selain pergi ke gereja pas hari H. Tidak ada doa malam natal (christmas eve), pesta ataupun makan malam. Biasa saja. Paling-paling kami hanya memasang pohon Natal, satu-satunya yang bisa aku ingat dilakukan di keluargaku. Jadi setidaknya, aku ingin merawat tradisi itu, dengan tetap memasang pohon Natal, lengkap dengan lampu kerlap-kerlip, meskipun sederhana. Setidaknya El dan Fe lumayan semangat ikutan memasang hiasan di pohon Natal itu.


 Ini pohon Natal hasil karya El saat pelajaran agama di sekolah, yang dilakukan secara online.

Selamat hari Natal 2020, semoga damai Natal tetap hadir dalam semua keluarga, bahkan di masa pandemi ini. Semoga di hari Natal tahun depan, pandemi sudah berakhir.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...