28 December 2017

Liburan Natal 2017 : Pulang

Pot-pot bunga disusun membentuk nama KEDIRI di Stasiun Kediri,baru aku lihat kali ini. Melihat ukuran bunga yang kecil,memang sepertinya ini belum lama dibuat. Hari ini kami kembali ke Jakarta, naik kereta Gajayana.

Boneka mungil ini sementara waktu menjadi teman perjalanan kami, aku pasang saja di dekat jendela karena El tidak tertarik untuk bermain dengan boneka ini.

Karena berangkat masih sore (jam 4 sore), setidaknya kami masih bisa menikmati pemandangan di sepanjang rel kereta api dari jendela, apalagi saat cuaca cerah, hingga matahari tenggelam di wilayan Nganjuk. Kadang El duduk di samping jendela menikmati pemandangan, tapi lebih sering dia berjalan mondar-mandir di sepanjang gerbong.

Saat di St. Madiun, aku lihat ada deretan sepeda motor yang sudah dibungkus kardus, sepertinya hendak dikirim dengan memakai jasa kereta api. Di bagian lain stasiun, dan juga beberapa stasiun lain, aku juga sempat melihat kardus-kardus tertumpuk rapi beraneka ragam bentuk. Usaha sampingan seperti ini bisa menunjang bisnis kereta api, apalagi perjalanan sekarang sudah lumayan cepat.

Dalam perjalanan pulang ini El masih cukup merepotkan karena masih mondar-mandir, bahkan sesekali ngelosor di lantai. Dia sempat tidur jam 12 malam lebih, kami pangku seperti biasa, tapi terbangun sekitar jam 2 pagi dan memilih untuk tidur di lantai di bawah kursi. Saat aku coba mengangkatnya, dia menangis, jadi ya sudah kami biarkan saja. Aku sudah terjaga sekitar 1 jam sebelum tiba di Jakarta jam 4 pagi. Berbeda dengan saat datang, kali ini El tidak terbangun saat kami pindah naik taksi, bahkan sampai di rumah. Sudah benar-benar capek.