24 December 2017

Ibadah Minggu Menjelang Natal


El sudah semangat ingin segera keluar rumah dan jalan-jalan, meskipun tidak tahu tujuannya kemana. Yang jelas dia semangat karena tahu bakal jalan-jalan naik mobil rame-rame.


Seperti dugaanku, El langsung memberontak dan menolak waktu diajak masuk ke dalam gereja. Dia tahu, di dalam gedung artinya dia tidak bisa bermain, sementara keinginannya saat itu adalah bermain dan berjalan-jalan. Jadi sementara anggota keluarga lainnya  masuk ke gereja untuk mengikuti ibadah minggu, aku mengikuti kemauan El berkeliling di seputar gereja.


Bosan berada di sekitar gereja, El mengajak berjalan-jalan lebih jauh, menyusuri jalan. Aku ajak dia menyeberang jalan ke SD Burengan, yang kebetulan gerbangnya terbuka tapi tempatnya sepi (tidak banyak orang). Di sana El sempat menjelajah - duduk di taman, naik tangga ke ruang perpustakaan (yang tentu saja sedang tutup) dan berkeliaran sebentar di halaman sekolah sebelum akhirnya kembali bosan dan mengajak ke jalanan. Aku bawa dia kembali ke lingkungan gereja.


Ternyata kali ini dia tidak menolak waktu aku ajak ke lingkungan TK yang ada di sebelah gereja, yang ruangannya  biasa dipakai untuk sekolah minggu. Acara sekolah minggu sudah selesai, tapi beberapa anak masih ada di sana, termasuk Timothy, kakak sepupunya. Jadilah  El bermain di sana, cukup bersemangat. Timothy dan anak-anak lainnya  tampak lebih asyik dengan gadget, tapi El gak peduli dan mondar-mandir saja di dalam ruangan. Lumayan juga, dia bermain di tempat itu sampai ibadah selesai.


Eh, ibadah minggu selesai dan waktunya pulang, El mau diajak masuk ke dalam gereja. Kali ini dia santai aja digendong Om-nya ke dalam gereja, tidak berontak seperti waktu pertama kali datang. Aku masih sempat bersalaman dengan pak pendeta dan ngobrol sebentar.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...