19 September 2015

Menjajal Lensa Zoom 8x Untuk Smartphone


Minggu lalu aku "terjebak" iklan BukaLapak.com dan akhrinya membeli lensa zoom 8x yang bisa dipakai di smartphone ini. Dalam paket itu juga ada tripod mini, dan total harga sekitar 85ribu. Bukan yang paling murah, tapi aku lagi malas mencari-cari yang termurah. Barang dikirim dengan JNE regular dan 3 hari kemudian sudah sampai rumah.

Tidak terlalu mudah untuk digunakan dan bakal butuh waktu hampir 5 menit untuk memastikan lensa ini terpasang dengan benar. Jadi gak bisa dipakai untuk motret moment mendadak. Selain itu ada sedikit ruang antara lensa dengan sisi smartphone, yang mungkin membuat kualitas hasilnya jadi kurang maksimal, terutama terkait ketajaman. Tapi tidak terlalu mengecewakan juga untuk sekedar melengkapi kamera smartphone, apalagi harganya segitu.


Di atas adalah gambar dengan kamera biasa, tanpa lensa tambahan. Kalaupun dizoom maksimal dan dicrop bagian bunga yang ditengah itu, hasilnya masih terlalu kecil.


Nah ini hasil kalau pakai lensa tambahan yang 8x zoom tadi. Meskipun tidak terlalu tajam, tapi setidaknya aku bisa mendapat gambar bunga yang lebih baik. Masih bisa diterima. Btw, jarak bunga dengan kamera sekitar 2 meter. Setidaknya dengan ini, aku bisa memotret kupu-kupu atau serangga yang bermain ke taman tanpa membuat mereka ketakutan.


Selanjutnya aku coba untuk foto dengan jarak lebih jauh. Ini foto dengan kamera smartphone tanpa lensa tambahan, sudah aku crop agar gambar tampak lebih dekat.


Nah ini kalau pakai lensa tambahan. Seorang anak tetangga menyadari kalau aku sedang memotret, dan selama ini aku gak begitu sadar kalau dia tinggal di situ. Jarak foto sekitar 10 meter. Lumayan juga kalau hendak dipakai untuk memotret peristiwa dari jarak yang lebih jauh. Tidak tajam, tapi sudah cukup lumayan untuk ukuran kamera smartphone.

Selain masalah kemudahan pemasangan/penggunaan, masalah lain adalah lensa tambahan ini mengganggu kestabilan. Jadi hasil foto biasanya lebih kabur karena tanganku tidak stabil. Untuk mengakali hal ini biasanya aku pakai timer dan tripod.

Sepertinya perlu latihan lebih banyak agar bisa mendapat hasil yang lebih baik dengan lensa tambahan ini. Tidak terlalu istimewa, tapi dengan harga kurang dari 100 ribu, hasilnya tidak terlalu mengecewakan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...