01 March 2014

Unplanned Travel to Kediri

Suasana bandara Sukarno Hatta tampak tidak terlalu ramai pagi ini, dan ini untuk pertama kalinya aku mencoba armada Citilink menuju Surabaya. Perjalanan ini tergolong mendadak, karena kami hendak menengok mertuaku yang katanya sedang sakit di Kediri. Mereka kecapaikan membereskan rumah mereka dari material vulkanik kiriman dari Gunung Kelud yang meletus beberapa minggu lalu.

Kami berangkat tepat waktu dan tiba juga tepat waktu. Salut juga dengan Citilink,entah apakah ini hanya kebetulan atau memang sudah jadi kebiasaan, tapi setidaknya ke depannya kami jadi mempertimbangkan untuk kembali menggunakan Citilink. Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya ditempuh kurang dari  2 jam.

Jam sepuluh pagi kami sudah tiba di Bandara Juanda. Dari sini kami menggunakan Damri menuju terminal antar kota. Nah, disinilah masalahnya, karena kemacetan di Sidoarjo ternyata cukup parah, termasuk di hari sabtu. Perjalanan yang tidak terlalu jauh harus kami tempuh lebih dari satu jam untuk bisa tiba di terminal Purabaya.

Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan dengan bus antar kota jurusan Surabaya - Trenggalek, memilih bus Patas. Di dalam kota masih ada kemacetan, dan lagi-lagi kurang beruntung, di daerah Jombang terjadi kecelakaan sehingga bis harus memutar arah dan memakai jalur alternatif yang lebih jauh dan sempit. Akibatnya kami baru tiba di Kediri sekitar jam 4 sore. Perjalanan yang melelahkan. Sepertinya kami akan berpikir panjang untuk kembali menggunakan pesawat kalau mau ke Kediri. Masih mendingan naik kereta api, meskipun perjalanan 12 jam, tapi sepertinya lebih nyaman.

Sampai di Kediri kami masih bisa melihat adanya pasir di atap-atap rumah, juga di pinggir-pinggir jalan. Di rumah mertua sendiri tumpukan karung pasir ada lebih dari 10 karung :) Cerita yang menyedihkan yang kami dengar adalah banyaknya korban meninggal bukan karena letusan secara langsung, tapi justru korban yang terjatuh saat membersihkan atap rumah mereka dari pasir dan material gunung berapi itu :(