14 March 2014

Jakarta Before Sunset


Mentari tampak hampir tenggelam di sisi barat Jakarta. Seperti inilah pemandangan kota Jakarta menjelang senja, setidaknya sebagian Jakarta Barat, dilihat dari lantai 4 Mall Central Park.


Beberapa hari lalu waktu hendak menuju Blitz Megaplex, di salah satu lantai aku melihat sudut pandang yang cukup menarik di sisi sebelah barat mall. Makanya hari ini aku sengaja datang ke mall ini selepas jam kerja, sekedar untuk mendapatkan suasana matahari tenggelam dari tempat ini. Sayangnya foto yang aku dapat kurang maksimal karena terbentur kaca yang agak kotor. Saat memotret aku harus menempelkan lensa ke kaca untuk meminimalisir efek pantulan kaca yang kotor.


Dari sudut pandang itu aku juga baru sadar adanya jembatan penghubung antara mall dengan Tribecca yang kayaknya ada di Ground Level. Penasaran, aku langsung menuju tempat itu, siapa tahu bisa mendapat sudut pemotretan yang menarik, sambil menunggu waktunya matahari tenggelam.


Dari jembatan penghubung itu aku bisa melihat salah satu lobby apartment di sisi utara, tapi pandangan ke arah barat terhalang oleh gedung-gedung. Jadi bukan sudut pandang yang menarik karena terlalu rendah.


Akhirnya aku kembali lagi ke posisi semula. Mumpung lagi sepi, sebelumnya banyak yang berlalu-lalang menuju dan dari Blitz, berselfi/narsis dulu. Bukan aku sendiri yang mengambil foto dari tempat ini, karena aku amati, diantara beberapa pengunjung juga ada yang berhenti sejenak dan memotret pemandangan di luar. Kalau aku memang sengaja datang ke sini cuma buat motret :D


Hari mulai gelap, dan lampu-lampu mulai dinyalakan. Sore ini Jakarta sangat cerah, hanya ada awan tipis, jadinya senja kali ini kurang dramatis, meskipun tetap menyenangkan untuk dinikmati.


Oh ya, sebenarnya bagiku, yang membuat pemandangan ini terkesan adalah bentuk kubah di bagian depan dan bangunan gereja di belakangnya. Itu adalah gereja HKBP Tomang Barat. Sepertinya lain kali perlu mencoba peruntungan ketika langit lebih dramatis, dan mungkin ada areal yang lebih terbuka untuk menikmati pemandangan salah satu sudut kota Jakarta.

PS: untuk sedikit menghilangkan bercak-bercak dan buram yang ada di foto karena terhalang oleh kaca kotor, terpaksa aku mencoba beberapa aplikasi android. Setelah mencoba beberapa, aku lihat aplikasi pengolah foto dari Path yang cukup mengesankan, jadi semua foto di sini sudah aku olah (filter) melalui Path :)

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...