05 March 2005

At Ueno

Hari ini bangun agak siang, dan kantor sepi karena hari libur. Rencananya ada beberapa tempat yang akan kami kunjungi (untuk bertemu calon rekan bisnis), seperti ke Ueno dan Shinjuku.



Dalam perjalanan ke stasion kami melewati taman yang cukup asri. Beberapa tanaman sudah mulai memunculkan warna musim semi sehingga tampak menarik...



... dan banyak burung dara di taman tersebut.



Di stasion Fuchu. Meski tidak mengalami hujan salju, namun aku masih bisa melihat salju secara langsung. Gundukan putih di sebelahku itu adalah salju yang turun beberapa hari sebelumnya. Aku cukup beruntung, di penghujung musin dingin ini masih bisa merasakan salju di Tokyo :)



Di Ueno kami menemui rekan Pak Iwan, yang kedua-duanya bukan orang Jepang asli. Sang suami keturunan China, sedang istrinya dari Bandung :).



Sedang ada promosi pariwisata di Jepang bagian utara, menyambut datangnya bunga sakura, yang katanya cuma berlangsung 2 minggu di awal musim semi. Cherry blossom, istilah bule-nya.



Makan siang di restoran yang murah-meriah, untuk ukuran Jepang (yah, meskipun untuk ukuran Indonesian masih agak mahal, apalagi buat mahasiswa). Semacam restoran plasmanan, dan di sini juga tersedia bermacam sushi, daging/ikan segar mentah :)
Menu ini lebih dapat dinikmati, dibanding menu jamuan elite waktu di Hiroshima 2 malam lalu.



Keramaian kota terlihat dari restoran. Di bawah jalur kereta, ada biksu dari kuil yang mencari sedekah. Dia hanya berdiri dan diam, tanpa mengganggu pejalan kaki. Tempat di bawah jalur kereta sepertinya pusat perbelanjaan yang murah meriah, sayangnya gak sempat mampir, toh juga gak niat belanja.

Menurut Pak Iwan, Ueno ini semacam daerah pinggiran Tokyo, kawasan yang tidak terlalu elit. Banyak orang asing (imigran) di sini, khususnya dari negara berkembang seperti asia tenggara, asia selatan dan timur tengah.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...