28 February 2021

Kualitas Air di Situ Parigi

Pagi hari, banyak orang yang jalan-jalan dan berolah-raga di sekitar Situ Parigi, Pondok Aren, Tangsel. Kebetulan aku habis beli ikan di Pasar Jombang, mampir sebentar karena sudah lama gak nengok danau/bendungan ini. Seperti Situ Bungur, kawasan ini juga sudah direvitalisasi sehingga nyaman buat jalan-jalan. Cuma kali ini aku tidak sempat berkeliling, hanya menengok bendungan saja.


 Kondisi air di bawah bendungan menunjukkan kualitas air sungai yang memprihatinkan. Begitu banyak busa sabun yang terlihat, menunjukkan air sungai ini sudah tercemar, setidaknya oleh deterjen. Parah memang. 

Waktu iseng aku posting ini di Facebook, sebagian teman berkomentar ini akibat menjamurnya bisnis laundry kiloan. Bisa jadi, aku sangat ragu kalau bisnis skala kecil itu punya penanganan limbah yang bagus, paling gampang ya, -- seperti pola pikir rata-rata rakyat Indonesia --, buang saja ke selokan.

Tapi bisa jadi ini jug aakibat limbah rumah tangga, akumulasi dari limbah perumahan di selatan yang terkumpul di sungai. Tidak bisa dipungkiri, semakin banyak penduduk yang tinggal di pinggiran Jakarta. Bahkan kompleksku sendiri, termasuk rumahku, membuang limbah rumah tangga yang di selokan, yang ujungnya akan dibuang ke kali. Sudah hal yang wajar, meski bukan praktik yang bagus. 

Sejauh ini aku belum nemu solusi untuk ikut mengurangi pencemaran sungai ini. Setidaknya aku berusaha tidak membuang sampah ke sungai. Seringkali aku prihatin dengan perilaku masyarakan yang masih hobi membuang sampah ke sungai, kadang dilempar begitu saja dari atas jembatan.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...