12 August 2018

Kecanduan Flash Sale di Bukalapak


Aku bukanlah pecandu belanja - setidaknya ada dua penyebab. Pertama faktor ekonomi, duitku masih terbatas dengan gaji pas-pasan. Faktor kedua adalah azas manfaat. Aku terbiasa beli barang yang benar-benar perlu, bahkan kadang nunggu sampai mendesak. Jarang sekali beli barang secara spontan, malah sering sudah niat/ingin beli barang jauh-jauh hari, pas giliran ada kesempatan (dan uang) malah batal karena dirasa belum terlalu butuh.

Nah, kedua prinsipku tadi sedikit berubah, alias mulai lebih kompromi, sejak mengenal promo flash deal di berbagai berbagai pasar daring (online marketplace). Sebenarnya flash sale bukanlah hal baru, bertahun-tahun dulu aku sudah pernah dengar dari bosku soal itu. Ada semacam psikologi khusus yang dimainkan, bukan sekedar karena diskon (yang kadang hanyalah permainan harga) tapi juga melibatkan rasa buru-buru dan ego. Waktu yang terbatas membuat orang kadang tidak berpikir panjang untuk membeli barang yang sedang diobral. Fakta bahwa ada kemungkinan rebutan barang, memberi sedikit kepuasan ego ketika berhasil meraihnya, semacam menang games atau dapat hadiah.

Hampir semua online marketplace menawarkan flash sale, dan sesekali ada periode obral yang gila-gilaan. Karena aku enggan install banyak aplikasi, aku hanya mengikuti Tokopedia dan Bukalapak. Nah flash sale Bukalapak yang terakhir ini yang agak membuatku ketagihan, dalam program Badai Flash.

Barang yang dijual memang sepele, dengan harga jual dipatok antara mulai dari 1000 rupiah. Ini yang paling menggemaskan. Jadinya aku mulai "terobsesi" mengumpulkan barang-barang seharga seribu perak itu - mulai dari kopi sachet, gula 200gr, otg, kabel data hingga alat rumah tangga. Ya, barang-barang itu sendiri bukan barang mahal, tapi dengan harga seribu, semua pasti setuju kalau harganya murah.

Bagaimana dengan ongkos kirim? Nah ini dia. Kalau dikenakan ongkir yang kadang minimal 10 ribu, jadinya ya sama juga boong. Untung di periode ini ada juga promo gratis ongkir, meski hanya boleh 1 hari 1x. Jadi ya pintar-pintar aja milihnya, karena promo gratis ongkir inipun kuotanya terbatas.

Satu lagi yang bikin menarik dari periode ini adalah permainan Badai Flash, yang memberikan gratis credit buat pengguna - sehari bisa dapat 1000 hingga 4000 kalau beruntung. Kombinasi credit gratisan + promo harga 1000 + gratis ongkir, membuat barang yang kita beli jadinya gratis 😁.

Penasaran saja, bagaimana BL bisa dapat keuntungan dari sini selain sekedar promosi. Jelas saat periode flash sale ini, pengunjung situs melonjak tajam sampai kadang server down.

Cukup menarik adalah minat pembeli untuk produk kopi kapal api mix 10 sachet, yang rata-rata dijual 1500 item per periode, selalu cepat ludesnya. Sehari bisa ada 2-3 periode yang menjual item ini. Selama berlangsungnya promo ini, aku bisa dapat item ini sebanyak 5x, tentu dengan kondisi gratis ongkir. Hanya 1 bungkus yang aku konsumsi, sisanya aku bagi-bagi ke orang lain. Indahnya berbagi.

NB: ini bukan iklan atau posting berbayar.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...