08 July 2018

Pemilihan Pengurus RT


Selain buka puasa bersama, acara tahunan yang rutin diadakan di perumahan adalah halal bi halal. Untuk tahun ini, acara digabung dengan acara pergantian pengurus RT (mungkin lebih tepatnya sih pengurus kompleks, karena satu kompleks belum mencukupi untuk menjadi satu RT mandiri, jadi masih digabung dengan kampung sebelah). Tahun ini yang hadir tidak terlalu banyak, masih lebih banyak waktu acara buka puasa bersama lalu.


Pak Hartono mewakili pengurus sebelumnya menyampaikan laporan pertanggungjawaban setelah menjabat sebagai pengurus selama 2 tahun.

Jabatan pengurus RT bukanlah jabatan yang diinginkan warga. Alih-alih berlomba untuk jadi pengurus, bisa dipastikan setiap warga memilih untuk menghindarinya. Selain tidak punya gaji atau tunjangan, malah sering nombok, dan yang jelas waktu dan tenaga bakal tersita sebagian. Keuntungannya hanyalah kesempatan untuk melakukan pengabdian masyarakat.

Itulah salah satu alasan, pemilihan pengurus kali  ini menerapkan aturan baru, bahwa keputusan tetap berlaku meskipun orang yang dipilih tidak hadir dalam acara ini. Soalnya kalau kehadiran bersifat wajib, ya orang yang gak mau jadi pengurus tinggal mangkir saja dari acara. Sempat terjadi diskusi soal hal ini, untunglah akhirnya semua sepakat.



Ada pula yang sempat mengusulkan kalau pengurusnya tidak selalu bapak-bapak, tapi bisa juga ibu-ibu. Yang memberi usul ini jelas naif, karena selama ini, yang jadi pengurus sudah pasti sepasang suami istri. Meskipun yang menjabat adalah pak RT, tapi sudah pasti ibu RT ikutan repot, jadi dibolak-balik ya nggak ngaruh. Beda dengan jabatan di pemerintahan yang sering rebutan, bahkan antar sesama keluarga hehehe.


Rombongan ibu-ibu yang selalu sadar kamera, bahkan lebih sering "menyadarkan" kamera ... minta difoto mulu hehehe.


Syukurlah akhirnya bisa juga terbentuk pengurus baru, meskipun dari semua kandidat dan yang terpilih tidak hadir dalam acara ini. Ketua RT yang terpilih kebetulan sedang sakit, jadi serahterima diwakili oleh sang istri.

Selamat bertugas!

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...