12 June 2018

Belanja Ikan Menjelang Lebaran


Ikan segar yang dijual di pasar Jombang, Tangsel, tiga hari menjelang Lebaran. Lumayan masih banyak yang menjual ikan meskipun pedagang langgananku sudah pulang kampung. Lapaknya dipakai oleh orang lain, sementara, dan untungnya dia mengenalku. Jadi aku masih dapat harga murah meskipun tetap lebih tinggi dibanding hari biasa, tapi tergolong murah untuk ukuran harga menjelang hari raya.


Pasar tradisional ini sudah tampak ramai dengan pembeli meski jumlah pedagang sudah berkurang. Meski demikian, harga barang kebutuhan pokok tampaknya tidak terlalu melonjak. Ada kenaikan, tapi masih wajar, mengingat kebutuhan meningkat sementara penjual berkurang.

Sementara itu, jalanan sudah mulai jauh lebih sepi ketimbang biasanya.

NB: kalau menurut istriku yang memilih belanja di pasar modern, kenaikan harga cukup terasa. Ya mungkin aji mumpung, memang banyak pedagang yang sudah mudik. Tahun ini liburan terkesan lebih lama dibanding sebelumnya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...