18 November 2016

Ulat Hijau Pemakan Daun Jeruk


Mungkin karena warnanya yang mayoritas hijau, aku tidak terlalu menyadari ada ulat yang menempel di salah satu pohon jeruk kecil di taman depan rumah. Pohon jeruk ini sendiri tumbuh sendiri, bukan sengaja aku tanam, mungkin berasal dari biji jeruk yang aku buang, dan tingginya baru sekitar 30 cm.


Awalnya aku pikir ujung yang sebelah kirim (yang lebih besar), adalah bagian kepala. Soalnya ada hiasan seperti bando dan juga ada warna hitam mirip mata. Tapi esok harinya, aku lihat dia sedang memakan daun dari bagian kanan.


Hingga kemarin, dia sudah menyantap hampir 2/3 dari daun yang ada di tanaman ini, mulai dari daun paling atas. Entah berapa lama dia butuh makan sebelum akhirnya berubah jadi kepompong. Akan sangat menarik kalau saja aku bisa mengamati proses berubah jadi kepompong hingga jadi kupu-kupu.


Selain motif melingkar di bagian belakang yang membentuk pola unik seperti pola batik, bagian tengah juga ada pola yang indah dan simetris, mirip dengan pola kupu-kupu. Mungkin itu adalah warna kupu-kupunya nanti, entahlah. Salah satu ciptaan Tuhan yang unik dan tentu saja indah.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...