13 August 2016

Pasang Lampu Jalan


Seorang warga sedang mengelas tiang besi untuk memasang lampu yang baru. Hari ini bapak-bapak kompleks kembali berkumpul untuk kerja bakti, meskipun agenda utamanya cuma memasang lampu jalan - satu lampu saja :) Aku dah bawa arit, eh gak kepakai.


Ini lampu LED sumbangan salah satu warga untuk penerangan jalan. Sepertinya sih lumayan terang.


Dari dua puluhan orang yang datang, praktis hanya 5-10 orang yang bekerja, yang lain mendukung saja. Toh kalau dikerjakan oleh tenaga profesional, paling cuma butuh 2 orang. Yang penting ngumpul-ngumpulnya, sambil ngegosip dan ngobrol ngalor-ngidul. Bahkan sempat beberapa orang "dijemput paksa" supaya ikut bergabung, mumpung lagi libur.


... dan selalu saja ada ulah konyol ...


Meskipun tidak semua bekerja, tapi kekompakan untuk berkumpul seperti ini patut dihargai. Saat ini, terutama di kota besar dan kawasan perumahan elit yang warganya serba sibuk, bisa dibilang sangat sulit mengumpulkan warga untuk sama-sama berdiskusi membangun lingkungan sekitar. Meski obrolan bisa dilakukan di media sosial, tapi tetap saja ketika berkumpul bersama akan terasa beda, semua bisa berpartisipasi dan ikut mengetahui kondisi secara langsung.


Bonus : edisi nekat yang berhasil dicegah warga, saat ada yang mencoba membantu dengan tangga bambu yang sangat panjang, kuatirnya bakal melengkung dan patah. :)

Gotong-royong adalah salah satu budaya bangsa yang sangat perlu dipertahankan, untuk melawan kerakusan kapitalisme dan individualisme.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...