29 October 2015

Menunggu di St. Sudimara


Sebuah kereta Commuter Line masuk ke St. Sudimara dari arah Jakarta pagi ini. Kemarin istriku cerita soal gangguan di jalur kereta yang dipakai untuk berangkat setiap pagi sehingga dia harus berdesak-desakan saat masuk ke kereta api dan nyaris tidak dapat tempat duduk. Makanya pagi ini aku menunggu sebentar di dekat stasiun, memastikan kalau dia dapat naik kereta dan duduk dengan nyaman. Kalau ada gangguan, mungkin akan mencari alternatif kendaraan lainnya.


Beberapa petugas KA sedang asyik nongkrong di depan gerbong kereta api yang masih ngetem. Kereta inilah yang biasa dinaiki istriku untuk berangkat kerja. Kereta ini berangkat pukul 06.30 langsung dari St. Sudimara sehingga peluang untuk dapat tempat duduk dari tempat ini akan lebih besar. Meskipun demikian, tetap wajib untuk datang lebih awal, paling telat jam 6 pagi karena kalau sudah terlalu siang penumpang tetap akan bejibun.

Istriku sering cerita  tentang adanya beberapa ibu hamil yang naik dari St. Jurangmangu dan (selalu) merengek-rengek minta jatah tempat duduk di gerbong wanita. Padahal bisa saja mereka duduk di gerbong biasa dan minta kursi prioritas, karena gerbong wanita kan cuma ada 2. Banyak sesama wanita yang mengeluh dengan perilaku ibu-ibu hamil itu, sampai ada yang nyeletuk dan memberi saran agar sebaiknya ibu-ibu itu datang lebih pagi dan naik dari stasiun yang lebih awal, misalnya Sudimara atau Serpong. Atau setidaknya gak perlu memaksakan diri duduk di gerbong wanita yang selalu sudah penuh. Tapi ya bukan emak-emak kalau gak ngeyel hehehe....


Salah satu warung makan di ujung stasiun yang sering dipadati para pegawai kereta api, termasuk petugas keamanan yang sedang berjaga ataupun istirahat.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...