24 May 2021

Jack Power Connector for ASUS laptop


Ini adalah konektor untuk colokan penyedia daya (power supply) yang ada di laptop ASUS. Sejak tahun lalu, sebelum aku pindah kerja, laptop dari kantor lama yang bagus (ASUS dengan prosesor i7) tidak lagi bisa aku pakai. Secara keseluruhan gak rusak, hanya saja laptop gak bisa diisi daya (charge), entah apanya yang rusak. 

Kebetulan waktu itu Anggit punya model laptop yang sama, dari kantor, dan dia pinjam power adaptor yang aku pakai. Ternyata bisa, berarti masalahnya bukan dari adaptor, tapi dari laptopnya sendiri.

Hari ini sempat minta tolong Yohan buat cek, dan ternyata memang masalahnya ada di konektor ini. Saat dia coba bypass, baterai bisa diisi dengan normal. Untung spare part-nya gampang dicari, termasuk di Tokopedia dan harganya murah (belasan ribu saja). Langsung pesen, biar bisa dipasangin sama Yohan hehehe.

Selama ini aku pakai laptop Acer yang pakai prosesor Celeron, lambat tapi masih bisa buat kerja sih. Hanya saja aku harus install Linux agar gak mudah crash, soalnya kalau pakai Windows 10, gampang sekali crash dan sering mendadak restart sendiri. Pakai Linux sangat lancar, bahkan bisa buat njelanin Visual Studio Code. Tapi ya tetap saja tidak selancar kalau pakai laptop yang lebih baik. Moga saja saat konektor ini bisa diganti, aku bisa pakai laptop yang ASUS yang lebih nyaman.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...