05 May 2020

Lukisan Abstrak

El menunjukkan gambar yang dia buat dengan crayon pastel, sembari menjelaskan apa yang dia buat. Pokoknya semua sesuai imajinasinya, meski terlihat tidak mirip. Aku senang, dan membiarkan dia bebas menggambar apa saja dan bagaimana saja, yang penting senang.


Menurutku, gambar karya El ini bisa masuk ke kategori lukisan abstrak - coretan-coretan sesuai kehendak hati, menurut imajinasi pembuatnya, dengan gabungan warna-warni yang kadang tidak teratur. Makna sebenarnya ya terserah yang buat, suka-suka dia menerjemahkannya.


Makanya seringkali aku bingung saat menilai keindahan seni abstrak, termasuk lukisan. Orang bisa menafsirkan apa saja, tapi tetap hanya pelukis aslinya yang paham benar apa maksudnya - bahkan mungkin bisa saja dia asal-asalan, tampak makna apapun - mungkin saja. Aku ingat beberapa tontonan yang "mengejek" jenis lukisan abstrak yang dihargai mahal, bahkan ada lukisan yang ternyata dibuat oleh gajah, tapi penilai seni memberi tafsiran macam-macam.



 Nah, kalau yang ini karya seni yang bikin nangis --- soalnya dibuat di atas kertas buat catatan iuran lingkungan hiks hiks ... moga saja pengurus tidak marah.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...