30 October 2017

Bunga Putih


Akhirnya tanaman ini berbunga juga, meski sampai sekarang aku belum tahu namanya. Ada satu tangkai memanjang dan di tangkai  itu muncul banyak biji dan bunga-bunga berwarna putih yang indah. Bunga ini mekar di siang hari dan menguncup saat malam. Semula aku pikir bunganya cepat layu, eh rupanya besok tampak mekar lagi.


Sebenarnya sudah cukup lama aku merawat bunga ini, tapi baru kali ini berbunga. Mungkin karena sebelumnya salah lokasi, aku letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kurang dari dua bulan setelah aku pindah ke lokasi yang lebih memungkinkan terkena sinar matahari langsung, muncul juga bunganya. Indah!


Oh ya, bunga ini aku pungut dari selokan tak jauh dari rumah. Aku perhatikan hampir semua tetangga dekat rumah memiliki tanaman ini, jadi sayang juga melihat bunga ini terbengkalai tumbuh di selokan, dan bakalan dibuang. Makanya segera aku ambil dan letakkan di depan rumah. Ini jenis bunga yang butuh banyak air, makanya kalau di tempat tetangga selalu ditanam di pot yang airnya menggenang. Aku masih enggan membiarkan air menggenang di pot karena bisa mengundang nyamuk bertelur. Konsekuensinya ya harus rajin-rajin menyiram. Sempat lama gak disiram, daunnya cepat sekali layu.

Ada yang tahu nama bunga ini?

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...