20 October 2016

Bunga Kupu-Kupu / Purple Shamrock


Bunga ini kami beli saat awal pindah ke luar Jakarta, dipilih istriku di daerah Graha Bintaro karena warnanya menarik. Warna ungu kemerahan akan memberi warna berbeda buat taman kami yang kecil yang selama ini hanya berisi tanaman hijau.


Kalau gak salah kami membeli 2 pot bunga ini, yang sudah berbunga dan kami gantung di teras. Tidak langsung terkena matahari dan juga tidak akan kena hujan secara frontal. Makanya arah bunganya condong ke arah yang kena matahari. Sempat berbunga bagus dan lebat daunnya, tapi ketika musim hujan mulai datang, justru lambat laun bunga ini layu dan akhirnya mati.

Seingatku aku sempat juga mengambil beberapa batang dan aku tanam di pot terpisah dan aku letakkan di dalam rumah. Sayangnya pot ini sering dikencingi kucing, dan bunga itupun mati. Ya sudah, aku biarkan saja pot kosong itu, meski sesekali sering aku siram air dengan harapan bisa melarutkan sisa air kencing kucing.


Ajaib, bagiku, beberapa bulan lalu di pot yang bekas dikencingi kucing itu tampak ada tunas bunga kupu-kupu ini. Lama-lama muncul tunas yang lain, padahal potnya sendiri sudah lama aku biarkan begitu saja. Akhirnya aku coba pindahkan pot ini ke teras, biar kena cahaya matahari langsung dan kena air hujan kalau aku lupa menyiraminya. Makin lama makin banyak tunasnya, tinggal menunggu apakah akan segera muncul bunga putihnya lagi atau tidak.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...