29 January 2015

Siluet Senja di Situ Bungur


Hujan deras di sore hari tadi masih menyisakan awan mendung di langit. Namun menjelang maghrib, suasana masih tampak cerah, menandakan matahari sore di ufuk barat masih punya celah untuk mengirimkan sinarnya. Ini juga berarti akan ada sunset moment yang indah, dan tempat terdekat paling menarik untuk menikmati peristiwa ini adalah di Situ Bungur.


Seekor kucing tampak sedang bersantai di tepi danau. Waktu aku mendekat, dia sempat waspada, tapi tidak berlangsung lama. Sepertinya dia jenis kucing yang akrab dengan manusia, dan ketika aku panggil, dia segera membalas dengan mengeong pelan. Tapi akhirnya dia pergi juga, karena toh aku gak membawa makanan untuk aku berikan ke kucing ini. Apakah dia sedang ingin menikmati senja juga? Entahlah.


Benar dugaanku, semakin lama langit mulai berubah warna. Dari sekedar kuning terang bergradasi ke warna biru, warna mulai berubah lebih jingga dan menyebar makin luas. Gerimis rintik-rintik mulai turun dan memberi sedikit riak di air danau yang tenang, tapi aku masih enggan beranjak. Aku masih penasaran mencari sudut-sudut yang bisa memberi siluet menarik untuk senja kali ini.


Saat hari sudah makin gelap, langit mulai berubah jadi lebih lembayung, bergradasi ke biru pekat, dengan taburan warna kuning emas dari sisa-sisa cahaya yang masih terpantul oleh awan. Luar biasa. Meski sedikit, pohon palem di sisi kiri itu bisa memberi variasi menarik dari deretan siluet, yang menambah keindahan langit senja.

Waktu baca salah satu status teman di fb, baru ngeh kalau suasana ini yang disebut sebagai twilight. Karena penasaran, aku coba selidiki lebih lanjut apa bedanya sunset dan twilight. Eh, rupanya twilight juga terjadi di pagi hari. Jadi twilight itu periode antara matahari masih nongol (persis di permukaan), dan ketika langit benar-benar gelap. Selain itu ada beberapa jenis twilight : civil, nautical dan astronomical. Civil twilight adalah saat paling terang setelah matahari tenggelam, sedangkan astronomical ketika langit hampir gelap, tapi masih menyisakan warna terang, biasanya warna biru gelap (beda dengan biru langit di siang hari)

1 comment:

silent-thunder said...

Keren Mas....

mampir ke http://www.situbungur.or.id ya

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...