27 February 2012

Bike to Work : Kemandoran - Halim


Nah, kali ini baru benar-benar berangkat ngantor pakai sepeda, karena tujuannya memang ke kantor, bukan ke customer seperti sebelumnya. Rutenya adalah Kemandoran - Permata Hijau - Blok M - Mampang - Pancoran - Halim. Kalau dilihat di peta, jalur ini seharusnya paling cepat, karena memanfaatkan jalur pintas daripada harus lewat Slipi. Tapi ternyata perhitunganku salah. Contohnya ini, baru sampai Permata Hijau saja sudah nemu kemacetan begini.


Dari Permata Hijau hingga Mampang lalu lintas sangat padat, bahkan sepedapun kerepotan. Selepas Mampang, barulah mulai sepi dan lancar. Di atas flyover Mampang Prapatan, tampak lalu lintas ke arah Rasuna Said sangat padat, berbeda dengan arah sebaliknya.


Masalah lain dengan jalur yang kupilih adalah banyaknya flyover, yang cukup menyita tenaga untuk mendakinya. Ini yang paling parah, flyover yang ada di Mampang, yang melintasi jalan tol dalam kota.


Menjelang sampai kantorpun aku masih harus melintasi flyover terakhir di persimpangan Cawang. Tampak kendaraan padat merayat di tol dalam kota yang mengarah ke pusat kota, termasuk kendaraan di bawahnya yang menuju Jatinegara.


Secara kontras terlihat betapa sepinya jalur yang menuju luar kota.... :)
Total waktu yang kubutuhkan dari rumah hingga kantor adalah 65 menit, tidak termasuk waktu buat nyari sarapan :) Yah, setidaknya waktu ini sama dengan jika naik angkot + busway dalam keadaan normal (normal dengan kena macet di tempat tertentu).

Naik sepeda memang tidak bisa ditandingkan dengan sepeda motor dalam hal mengatasi kemacetan. Tapi dibanding naik mobil atau angkutan umum, masih lebih menyenangkan naik sepeda, terutama ketika menghadapi kemacetan.

BBM naik? Ayo naik sepeda aja. Sepeda motor bukanlah solusi! Hehehee ....

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...