15 May 2009

Tugu Proklamasi


Pertama kali aku tertarik mengunjungi Tugu Proklamasi (di Jl. Proklamasi Jakarta) adalah setelah membaca ulasan tentang tempat ini di National Geography Indonesia. Niat itu akhirnya terlaksana setelah beberapa kali aku hanya melewati tempat tersebut. Sore itu, kebetulan ada kunjungan ke customer dekat tempat itu dan saat pulang masih ada cukup waktu buat jalan-jalan.


Sebagai tempat yang cukup lapang dan terbuka, wajar saja kalau tempat ini menjadi arena bermain bagi anak-anak. Apalagi di Jakarta cukup sulit menemukan lahan untuk bermain anak-anak. Mereka asyik memanjat teks proklamasi yang dipahat di lempengan batu marmer hitam, dan sesekali memanjat patung Sukarno-Hatta.


Abang berbaju merah itu datang dari Medan. Katanya dia sedang ada dinas di Jakarta selama beberapa hari, dan beberapa rekannya menyarankan dia untuk berkunjung di tugu ini dan tak lupa mengambil foto di depan gedung. Karena sang ibu kurang pede memainkan kamera HP, dia minta tolong aku untuk njepret fotonya di depan tugu.



Sekelompok remaja putri asyik bercengkrama, setelah beberapa kali berpose bersama di belakang tugu proklamasi ini. Moga saja mereka benar-benar bisa mengenal sejarah yang melekat pada berdirinya tugu ini, terutama tokoh-tokoh dan peristiwa proklamasi.


Seperti halnya di Monumen Nasional, (juga beberapa tempat lain yang cukup lapang di Jakarta), kawasan tugu ini juga dimanfaatkan anak-anak untuk bermain sepakbola. Olahraga satu ini memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat kita, meskipun prestasi tim nasional kita belum terlalu membanggakan.


.. tampak bagian belakang ....



Info lebih lengkap, bisa lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Proklamasi

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...