01 July 2007

New Life, with Xubuntu

Sejak beberapa hari komputerku bermasalah. Awalnya aku cuma mau upgrade PHP dari versi 4 ke versi 5. Ternyata versi Ubuntu yang kupakai dah cukup ketinggalan jaman, jadi gagal update. Waktu aku paksain update ke versi terbaru ... eh, malah kacau. Beberapa file systems ilang, dan terakhir gak bisa masuk xwindow.

Beberapa hari aku coba repair sistem operasi, tapi gak membuahkan hasil. Akhirnya malam ini aku capek, aku install ulang (termasuk format ulang partisi data). Otomatis semua dataku di komputer lenyap. Meskipun kalau mau aku bisa ambil data2ku dengan software recovery, tapi aku lagi malas. Toh data kerjaan sudah aman.



Sekalian aja aku coba OS baru, masih variant dari Ubuntu, yaitu Xubuntu, yang merupakan ubuntu dengan desktop Xfce. Selain biar punya pengalaman baru, aku berharap desktop ini lebih ringan, gak seberat Gnome atau KDE.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...