21 September 2006

Vredeburg



Mumpung lagi cuti, main-main dulu ke Benteng Vredeburg. Benteng ini persis berada di ujung Malioboro, sebelah Pasar Beringharjo. Kalau gak salah, terakhir aku datang ke tempat ini waktu SD, piknik sekolahan, entah kelas berapa. Tiket masuk saat ini cuma 750 rupiah.



Tampak beberapa anak sekolah berkunjung di benteng ini. Syukurlah kalau ada yang masih tertarik dengan wisata sejarah seperti ini. Soalnya, selain benda-benda peninggalan perang, isi benteng ini cuma diorama dan lukisan bersejarah, serta benda-benda sejarah seperti senjata tradisional, baju tentara, dan sebagainya.



Seorang pengunjung nampak menyusuri lorong diantara bangunan benteng. Sebagian besar (hampir semua) arsitektur bangunan di sini bergaya Belanda, dan masih cukup terawat.



Salah satu diorama yang menggambarkan kejadian setelah Agresi Militer Belanda ke Yogyakarta. Tampak petinggi Indonesia turun dari pesawat di Lapangan Adisucipto.



Capek, istirahat dulu ah. Sekali-kali mejeng donk, masak motret terus :).
Btw, di benteng ini sempat buang air besar, habis kebelet bener. Lumayan, tempatnya meski kuno, tapi cukup bersih, dan airnya seger.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...