04 September 2019

Terminal 3 Bandara Sukarno Hatta


Meskipun sudah 2 tahun lebih diresmikan setelah adanya renovasi, baru sekarang aku sempat mengunjungi Terminal 3 Bandara Sukarno Hatta Cengkareng. Selama ini aku hanya mendengar dan membaca di sosial media betapa megahnya bandara yang baru ini, terutama dibandingkan dengan terminal 1 dan 2.


Memang secara arsitektur, Terminal 3 (sekarang maupun sebelumnya) dibuat dengan konsep yang berbeda dengan Terminal 1 dan 2. Sekilas ada banyak "kemiripan" dengan Terminal 3 Bandara Changi, ya mungkin memang ada beberapa teknologi yang meniru, termasuk agar lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Tapi ya kurang pas juga membandingkan terminal ini dengan bandara lain di luar negeri. Sayangnya waktuku tidak banyak, jadi aku tidak bisa menjelajahi lebih banyak Terminal 3 ini di berbagai sudutnya.


Salah satu fasilitas baru yang ingin aku coba, dan akhirnya berhasil mencoba, adalah skytrain yang menghubungkan Terminal 3 dengan Terminal 1 dan 2. Makanya saat naik travel ke bandara, aku sengaja turun di Terminal 3 meskipun kolega yang akan aku temui mendarat menggunakan pesawat di Terminal 2. Jadi aku sempat mencoba menggunakan sky train dari terminal 3 menuju terminal 2, apalagi jarak antara kedua terminal ini lumayan jauh kalau ditempuh dengan jalan kaki.


Setelah bertemu dengan kolega, untuk bertukar laptop karena laptop yang selama ini aku pakai sudah rusak parah, kami memutuskan untuk ngobrol sambil makan siang di Terminal 3. Jadinya aku kembali naik sky train dari Terminal 2 ke Terminal 3. Sempat bingung nyari tempat makan, akhirnya kami memilih tempat makan di dalam ruang check in. Berbeda dengan ruang check in di Terminal 1 dan 2 (dan terminal 3 yang lama), setiap orang boleh masuk ke ruang check in yang cukup luas tanpa harus memiliki tiket pesawat, meskipun tetap harus melalui gerbang pemeriksaan. Ini mirip dengan yang ada di Bandara Changi.

Di dalam ruang check in ini ada banyak restoran dan cafe dan cukup nyaman, berbeda dengan foodcourt di pinggir bandara yang ada persis di daerah parkir kendaraan.


Setelah makan siang, mampir sebentar di startbuck sekadar untuk memastikan laptop yang aku terima bisa berfungsi dengan baik, sambil nunggu jadwal penerbangan pulang. Aku sendiri pulang naik travel lagi, tidak berani berlama-lama agar tidak terjebak macet di jam pulang kantor.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...