19 July 2017

Bermain Dengan Anjing


Saat baru bermain di teras, ada tetangga yang lewat bersama anaknya. Kata mereka ada anjing-anjing di tanah kosong, jadinya mereka batal main ke lapangan. Karena penasaran, justru aku ajak El untuk bermain ke sana.

Tanah kosong ini milik tetanggaku yang sering dipakai oleh saudaranya dari Jakarta untuk "mengumbar" anjing-anjingnya. Waktu kami sampai di sana mereka sudah mau pulang dan siap-siap dimasukkan ke dalam mobil. El sangat antusias melihat anjing-anjing itu.


Semua anjing yang dibawa posturnya besar dan gemuk, tampangnya juga lumayan menyeramkan bagi yang tidak suka anjing. Tapi kata pemiliknya, semuanya jinak. Makanya aku cukup santai dan membiarkan El mendekat ke anjing-anjing itu. Ada satu yang sengaja dimasukkan paling akhir, dan sangat jinak. Saat El boleh mendekat dan memegang anjing itu, wajahnya tampak benar-benar sumringah. Gak terlalu lama sih mainnya karena mereka sudah harus pulang berhubung cuaca lagi kurang mendukung.

Dari peristiwa itu aku jadi tahu kalau istri tetanggaku itu orang Batak, marga Hutagalung, sementara tetanggaku sendiri orang Jawa dari Magelang.


Cerita berbeda, saat bulan puasa lalu di kompleks sempat terjadi kehebohan karena ada salah satu anjing tetangga yang menggigit anak kecil. Anjing ini sebenarnya diikat di pekarangannya, tapi ketika anak-anak kecil bermain ke rumah tetanggaku itu, entah mengapa anjing ini mendadak jadi beringas dan mengejar anak-anak kecil itu. Satu anak berhasil digigit dan terluka, lumayan parah di bagian rusuk sehingga mendapat jahitan. Padahal setahuku anjing ini sangat jinak, El sendiri beberapa kali bermain dengannya dan benar-benar jinak. Entahlah, sampai sekarang masih penasaran mengapa anjing ini sampai lepas kendali. Tak lama setelah itu, anjing ini kembali diajak bermain oleh pemiliknya, dan saat El mendekat, tidak ada reaksi yang berbahaya, tetap jinak seperti sebelumnya.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...