24 January 2016

Kerja Bakti Yang Nyaris Tertunda


Gara-gara bapak ini, acara kerja bakti yang sempat dibatalkan karena hujan akhirnya tetap dilakukan. Hujan deras yang mengguyur sejak dini hari membuat pak RT sempat mengirimkan pesan broadcast di group WA kalau kerja bakti hari ini diundur minggu depan saja. Padahal sudah ada 2 warga yang sempat datang, dan langsung pulang karena kehujanan.



Waktu hujan reda, aku iseng melongok ke pos ronda, tempat kegiatan kerja bakti seharusnya dilakukan. Ternyata ada bapak yang bekerja di salah satu rumah warga sudah siap sedia di pos ronda. Aku hampiri dan ngobrol sebentar, eh datang lagi salah satu satpam memberitahu kalau hidangan untuk acara kerja bakti sudah terlanjur disiapkan. Ya sudah, kami bertiga langsung saja mulai kerja bakti setelah sebelumnya aku broadcast pesan di WA untuk mengajak kerja bakti dilakukan sesuai rencana.


Tak berapa lama beberapa warga mulai datang untuk ikutan kerja bakti. Lumayan lah, setidaknya ada belasan warga yang ikut serta, ditambah bocah-bocah yang jadi bawang kothong memeriahkan kegiatan ini. Selain membersihkan selokan dari alang-alang dan rumput liar, juga ada aktivitas memangkas ranting-ranting salah satu pohon tinggi karena kuatir kalau pohon ini akan tumbang.


Secara bergantian beberapa warga memangkas ranting pohon besar itu, padahal kondisi lumayan licin karena baru saja diguyur hujan deras. Salah satu warga sedang tidak beruntung, parang yang dipakai untuk memotong dahan mendadak terpencal dan melukai lengannya. Untunglah lukanya tidak terlalu parah.

Acara kerja bakti seperti ini memang tidak terlalu efektif untuk menjaga kebersihan kompleks, tapi sangat baik untuk menjalin silaturahmi warga. Apalagi di perkotaan yang makin cenderung individualis dan sebagian besar warganya adalah pendatang yang sibuk dengan aktivitas yang berbeda-beda.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...