20 May 2015

Warna-Warni Lampion di Klenteng


Seorang wisatawan sedang memotret teman-temannya di samping Buddha Tooth Relic Temple and Museum, Chinatown. Sore ini aku memilih jalan kaki menuju hotel dan melewati kawasan ini, meskipun belum minat untuk masuk dan menjelajah ke dalam museum Budha ini.


Tapi setidaknya aku terhibur dengan puluhan lampion yang dipasang di sekeliling klenteng dengan warna merah, biru, jingga dan hijau. Sayangnya aku gak paham apa tulisan yang ada di lampion itu serta dalam rangka apa lampion itu dipasang. Setidaknya warna-warni dan dekorasi lampion ini memberi corak modern pada bangunan yang arsitekturnya mengambil nuansa bangunan di jaman kekaisaran Tang.


Ternyata, meskipun bergaya kuno, bangunan ini belum lama dibangun dan diresmikan. Setidaknya proposal pembangunan klenteng ini baru dimulai tahun 1997, dan mulai dibangun tahun 2005 hingga diresmikan tahun 2007 (Sumber: History of BTRTM). Sepertinya lain kali perlu dijadwalkan untuk singgah dan menjelajah ke dalam museum ini.


Bonus :
Sekelompok warga, kayaknya semuanya sih pria tionghoa, sedang bermain catur di lokasi tak jauh dari klenteng tersebut. Entah mereka sekedar bermain catur atau mungkin juga judi. Mungkin ini salah satu budaya mereka.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...