18 August 2009

Team Building, Outbound 2009 - Kampoeng Pasir Randoe



Siap-siap berangkat ke tempat outbound.

Untuk tahun ini, karena satu dan lain hal, acara outbound diadakan di Cikarang saja, dan format acaranya juga disederhanakan. Jika tahun-tahun sebelumnya merupakan acara Outing (out for meetings ... meeting tiada henti), maka saat ini lebih banyak acara outbound. Total hanya 2 hari, hari pertama full acara outbound, dengan menyewa trainer profesional dengan tema Team Building. Sedang hari kedua diisi dengan meeting internal.



Doa bersama sebelum acara dimulai. Jam 9 pagi acara sudah dimulai. Jarak yang cukup dekat memungkinkan efisiensi waktu sehingga waktu tidak terbuang dalam perjalanan. Ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana perjalanan sendiri memakan waktu minimal 2 jam.



Coffee break, setelah permainan pertama yang terbilang sukses karena berhasil mencapai target.



Ini adalah permainan yang melatih kerjasama dan saling percaya antara anggota tim.







Bu Dian paling sial disini, sempat dibiarkan jatuh. Masalahnya dia jatuh tidak lurus, sehingga pantat meluncur dengan tajam, pas di sela-sela tangan yang menopang ... jadi ya jatuh. Tapi gak cidera.



Setiap orang sedang membaca instruksi yang diberikan, untuk dikerjakan secara bersama-sama. Cukup lama juga kami menyadari tugas kami, hingga akhirnya kami kehilangan beberapa menit sebelum sadar bahwa ada 4 instruksi berbeda yang saling melengkapi.



... kelompok si buta sedang bermain bola dan air ...



.. kelompok si bisu berakrobat untuk memberi instruksi ..



Permainan Orang Bisu Membimbing Orang Buta (entah nama asli permainannya apa). Ada 3 kelompok, satu kelompok tidak boleh bicara, satu kelompok ditutup matanya, dan satu kelompok normal yang bertugas menerjemahkan instruksi dari kelompok bisu untuk dikerjakan oleh kelompok buta. Sangat menarik.



.. waktunya makan siang ...



Setelah perut kenyang, acara lanjut ke panjat-memanjat.



Flying fox sendiri paling banyak menyita waktu, karena harus bergantian. Apalagi jika ada anggota yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya, sehingga yang lain harus menunggu.



Hanafi kesulitan melewati jembatan, nampaknya benar-benar takut ketinggian. Hanya dia yang sempat menikmati saat bergelantungan seperti itu ... Semangat!



... saat melewati jembatan ini, tangan harus benar-benar kuat. Sayangnya tanganku dah sangat penat waktu itu, hampir saja menyerah ....



Tradisi foto bersama selesai acara. Sebenarnya ada satu permainan terakhir untuk melatih komunikasi dalam tim. Sayangnya dalam permainan itu kami gagal total!



Beberapa orang memanfaatkan waktu luang selepas acara untuk berenang, meskipun kolam renangnya masih bau kaporit karena baru saja dibersihkan.



Seperti kebiasaan setiap acara outing/outbound, ada hadiah yang dibagi-bagi ke setiap orang. Sepertinya, kali ini setiap orang mendapat hadiah yang pas dengan kebutuhannya, terutama Anggit hehehehe.



... badan capek setelah aktifitas seharian bukan berarti harus tidur cepat. Begadang sejenak, lupakan pekerjaan ...

1 comment:

Anonymous said...

wkwkwkwk... jadi inget waktu outing, hedeeehh... bener juga yak.. setiap orang mendapat hadiah yang pas sesuai dengan kebutuhannya. wkwkwkwk...

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...