31 December 2006

Cave of Mary, Pohsarang


Di Kediri, aku berkesempatan mengunjungi objek wisata ziarah (khususnya bagi umat Katolik) di Pohsarang. Letaknya gak jauh dari pusat kota, kayaknya gak nyampe 10 km. Letaknya agak lebih tinggi, di lereng Gunung Wilis.



Semula adek memperkenalkan tempat ini dengan sebutan Gereja Batu. Memang di situ ada gereja, yang bangunannya penuh dengan batu gunung. Ada juga Gua Maria, dengan patung Maria berdiri megah diatas, dan banyak orang berdoa sambil menyalakan lilin.



Ini adalah aula di gereja batu itu, cukup luas. Yang menarik adalah arsitekturnya, yang cukup unik karena semua tiang ditaruh di luar, dan tidak ada tiang di tengah-tengah aula. Ditambah lagi susunan genteng kaca yang membentuk salib, tampak bersinar dalam aula yang teduh.



Selain itu, di lokasi ini ada diorama yang menggambarkan peristiwa-peristiwa saat kematian Yesus, yang dikenal dengan jalan salib. Diorama ini nampaknya belum lama dibuat, terdiri dari 14 stasi, mulai dari peristiwa saat Yesus ditangkap, sampai kebangkitan-Nya (digambarkan dengan kubur yang kosong). Lingkungan yang asri dan sejuk cukup menambah keindahan diorama ini.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...