19 June 2015

Kecambah dan Cangkang Telur


Kalau gak salah, jaman SMP (atau SMA ya?) dulu pernah ada praktikum biologi yang melibatkan kecambah kacang hijau. Ya praktiknya simpel sih, cuma disuruh mengamati pertumbuhan kacang hijau dari benih sampai bertunas, cukup dengan meletakkannya di atas kapas basah.


Selanjutnya aku baca di internet tentang beberapa manfaat cangkang telur, terutama karena dia mengandung kalsium, duh lupa linknya dimana. Salah satunya adalah untuk menumbuhkan benih. Terinspirasi dari dua hal itu, aku iseng aja bikin eksperimen ini, meletakkan biji kacang hijau di atas kapas basah dan aku letakkan di cangkang telur yang sudah kosong.


Seingatku cuma butuh waktu 2 hari saja biji kacang hijau itu langsung tumbuh, menjadi kecambah. Karena aku letakkan di luar rumah, tiap hari aku perlu "menyiraminya" agar kapas tetap basah. Ternyata pertumbuhan awalnya termasuk cepat. Dalam empat hari, batangnya sudah tumbuh sepanjang ini.


Lumayan juga bisa jadi objek foto-foto iseng di depan rumah :)
Awalnya istriku merasa aneh dengan benda ini sehingga dia menyingkirkannya, untung masih di sekitar taman di teras.


Setelah cukup puas dengan eksperiment pertama ini, aku coba menanam tunas ini ke tanah. Siapa tahu bisa tumbuh cepat dan bisa panen kacang hijau hehehe ...


Sepertinya lain kali coba eksperimen dengan benih lain yang lebih banyak. Ngumpulin ide dulu, sambil mencari waktu luang yang ada :)


No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...