05 November 2007

Young Keroncong-ers Meeting :)



Pertama kalinya aku masuk stasion TV, yah meskipun cuma TVRI :)
Ini studio 7, tempat dilangsungkannya acara Gebyar Keroncong tiap senin malam. Kebetulan aku datang terlalu awal, masih sepi.



Malam ini dijadwalkan adanya Kopdar milis Keroncong, yang notabene anggotanya masih muda-muda (kan jarang orangtua yang melek internet/milis). Tujuannya, selain nonton Gebyar Keroncong bareng, juga untuk membicarakan tindakan nyata agar Keroncong tidak tenggelam.



Mas Adi, dedengkot milis keroncong ini, mengatakan bahwa kami ingin menghilangkan istilah atau sindrom yang menyatakan bahwa keroncong identik dengan orangtua. Keroncong sebagai budaya bangsa harus dilestarikan, dan tanggung jawab itu ada di generasi muda.



Sebagian besar anggota milis keroncong adalah praktisi keroncong -- pemain keroncong dan penyanyi keroncong. Gadis paling kiri itu katanya pernah jadi juara 3 Bintang Radio-Televisi Se-Jabar. Aku sendiri, dan beberapa orang lain, cuma menjadi penggemar keroncong, yang berharap keroncong tidak punah.



Nah, yang lagi nulis-nulis itu wartawan Kompas yang "dipaksa" buat gabung milis, dan meliput acara ini :). Diharapkan, dengan dimuatnya kegiatan keroncong, terutama di dunia maya oleh kaum muda ini, milis bisa makin rame, dan gerakan menggalakkan kembali keroncong makin banyak pendukungnya.



HOreeee .. bisa motret Dian Pisesa :D
Malam ini dia nyanyiin "Tak Ingin Sendiri" dengan nuansa keroncong, bagus banget, suaranya masih merdu. Waktu di studio sih gak berani motret-motret, padahal dekat dengan panggung, soalnya di luar ada larangan memotret dalam studio :(



Waktunya pulang......
Meski cuma bentar, tapi diharapkan ini jadi awal suatu perjuangan panjang. Beberapa agenda yang direncanakan adalah membuat buletin Keroncong, buat kaos keroncong, dan Kopdar berikutnya.
BTW, bagi yang tertarik ikutan milis, bisa gabung ke keroncong@yahoogroups.com, gratissss

Updated:
Tanggal 18 Nov, kompas memuat komunitas dan pertemuan ini ... heheheh .., termasuk menampilkan foto waktu di studio7 (maakkk, nongol ning Kompas kie..[narsis mode = On])

http://kompas.com/kompas-cetak/0711/18/keluarga/3998117.htm

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...