13 November 2019

Hari Ayah di Sekolah


Hari ini sekolahnya El penuh dengan bapak-bapak, kebanyakan masih muda kisaran 30-40an. Ini karena para bapak diundang untuk mendampingi anak-anak mereka berkaitan dengan hari Ayah Nasional.


Ada berbagai macam acara, selain upacara dan perkenalan masing-masing ayah. Ada lomba bersama ayah-anak, menyanyi bersama, dan mendongeng bareng.


Hampir semua anak menikmati kebersamaan dengan ayahnya, senang bisa sekolah ditemani sang ayah, dan beberapa terus menempel ayahnya. Kecuali El hahahaha. Memang dia senang saat aku ikut masuk ke sekolah, tapi berikutnya dia segera asyik dengan dunianya sendiri, bermain ke sana kemari tanpa mengikuti rangkaian acara yang ada. Sesekali dia menghampiriku, tapi tetap lanjut bermain sendiri.


Di ruang kelas, saat semua anak duduk rapi bersama ayah mereka dan mengikuti arahan bu Guru, El tetap memilih bermain. Sempat dia mencoba menghapus tulisan di papan tulis, dan aku larang, membuat dia ngambek dan memilih tidur di rak. Tapi tak lama, dia segera lanjut bermain. Hanya saat membuat prakarya bersama, dia antusias membuatnya bersamaku.


Secara keseluruhan, kegiatan ini bagus sekali. Tentu agak merepotkan bagi para ayah karena harus bolos kerja sebentar, tapi kebersamaan seperti ini memberi kegembiraan tersendiri bagi sang anak (dan mungkin juga bagi para ayah). Ada yang semangat curhat karena sering ditinggal pergi ayahnya bertugas, dan antusias sekali saat ayahnya ikut mendampingi di sekolah.

Selamat hari ayah nasional, untuk semua ayah di negeri ini.

No comments:

Bintaro View From Gramedia Building

Akhir tahun gak ada acara apa-apa, jadi iseng saja pergi ke Gramedia buat lihat-lihat buku, mumpung pandemi sudah berlalu. Ini pemandangan k...